Sang inspirator bisnis, Robert Kuok yang dirikan perusahaan di Malaysia

Robert Kuok Hock Nien adalah seorang pengusaha sukses Tionghoa-Malaysia kelahiran 6 Oktober 1923. Menurut Forbes, pada tahun ini (2021) kekayaan Robert mencapai USD 11,7 miliar. Sehingga dalam Forbes Billionaire ia dinobatkan menjadi orang terkaya di Malaysia. Pencapaian tersebut sudah menjadi inspirasi bagi pengusaha lain di Negeri Jiran.

Robert Kuok dikenal sebagai pekerja keras dan disiplin. Sebelum ia sukses seperti saat ini, Kuok pernah menjadi seorang office boy dan menjalankan usaha kecil-kecilan. Setelah bekerja dari tahun 1942 hingga 1945 di konglomerat industri Jepang, Kuok beserta dua saudara laki-lakinya dan sepupunya mendirikan Kuok Brothers Sdn Bhd.

Robert Kuok. Foto: Instagram

Kuok mendapat julukan sebagai “raja gula” Malaysia karena memiliki tingkat yang tinggi dalam perdagangan gula di Malaysia. Pada kemerdekaan Malaysia di tahun 1957, Kuok memperluas prospek bisnisnya sehingga ia dapat menguasai 80% pasar gula di Malaysia. Selain itu, tahun 1971 ia mendirikan Hotel Shangri-La di Singapura. Tidak hanya itu saja, Robert Kuok memiliki perusahaan The Kerry Group (Kerry Properties) dan salah satu perusahaan minyak sawit terbesar di dunia, yaitu komoditas pedagang Wilmar.

Keberhasilan yang ia raih merupakan prestasi atas kerja kerasnya sendiri tanpa bantuan atau pemberian dari pemerintah dan kronisme. Dia terkenal karena filosofinya yang memberikan inspirasi banyak orang dalam hal bisnis. Bisnika akan membahas mengenai inspirasi oleh Robert Kuok tentang kesuksesan bisnis dari hasil kerja kerasnya.

Kunci kesuksesan Robert Kuok

Orang-orang pada umunya, sering berfikir bahwa orang dengan keberuntungan tinggi akan selalu mengalahkan orang yang pandai serta berusaha. Nyatanya hal tersebut ditentang oleh Kuok. Menurutnya, kunci dari meraih kesuksesan adalah bekerja keras. Kita tidak bisa selalu mengandalkan keberuntungan jika hendak meraih kesuksesan. Ia selalu berkata bahwa lebih dari 90% adalah kerja keras dan sisanya bergantung dengan keberuntungan.

Dalam hal meraih kesuksesan, Robert Kuok menerapkan dua tujuan utama. Pertama, kesuksesan yang ia raih karena keluarganya. Supaya generasi-generasi atau keturunannya terjamin atas usaha yang ia lakukan. Kedua, kekayaan yang ia miliki juga digunakan untuk membantu sesama umat manusia yang membutuhkan. Selain memikirkan keluarga yang ia punya, Kuok juga mementingkan orang di sekitarnya yang membutuhkan. Karena ia percaya, jika kekayaan yang ia miliki tidak sepenuhnya hak atas dirinya.

Robert Kuok merupakan pebisnis yang berani mengambil resiko dalam setiap langkahnya. Ia selalu berkata, bahwa kekalahan dan kegagalan adalah hal wajar dalam memulai suatu usaha. Selalu ada resiko dalah setiap usaha. Jika seseorang takut mengambil resiko, maka ia tidak akan bisa meraih apa yang diinginkan.

Menurut Kuok, keberhasilan suatu perusahaan bergantung pada kesatuan karyawan perusahaan tersebut. Kestabilan dari perusahaan yang menjalankan adalah karyawan. Jika tidak membentuk kesatuan karyawan dengan jiwa pengusaha yang tahan banting, maka jangan harap karyawan tersebut dapat membantu jalannya program kerja perusahaan dengan baik. Sehingga, pekerjakanlah karyawan yang jujur, pekerja keras serta cerdas.

Ia merupakan anak yang sangat percaya bahwa nasihat orang tua akan membawa dia pada keberhasilan. Ibu Robert Kuok, Zheng Ge Ru pernah berkata kepadanya. Untuk melakukan suatu usaha atau bisnis jangan lupakan moralitas dan utamakan hal tersebut kepada orang lain. Jangan hanya terpaku pada materialisme. Karena orang akan menghargai orang lain dari moral yang mereka miliki, bukan hanya kekayaan yang mereka punya. (Novi)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button