Seberapa pentingnya kuliah sambil bekerja? Ini pertimbangannya!

Kuliah sambil bekerja terkadang seringkali dipandang sebelah mata bagi beberapa orang. Mereka menganggap mahasiswa yang melakukan kerja part time adalah mereka yang kekurangan dana sehingga membutuhan dana tambahan untuk membayar ongkos kuliah atau sekedar uang jajan. Mereka yang memiliki pemikiran seperti ini sebenarnya belum menyadari tentang seberapa pentingnya hal tersebut.

Bagi kalian mahasiswa yang saat ini sedang dalam masa kuliah sambil bekerja, tidak perlu minder karena ini bukan tindakan hina dan memalukan. Justru, kalian adalah mahasiswa yang beruntung karena menyadari seberapa pentingnya kuliah sambil bekerja.

Kuliah sambil bekerja bukan hanya semata-mata untuk mendapatkan uang. Disamping ini ada banyak keuntungan yang nantinya akan kamu dapatkan di kemudian hari. Simak artikel bisnika.com berikut tentang seberapa pentingnya kuliah sambil bekerja untuk masa depanmu!

Belajar manajemen waktu yang lebih baik

Seberapa pentingnya kuliah
Manajemen waktu. Foto: Pinterest

Mahasiswa utamanya semester tengah ke akhir akan lebih disibukkan dengan banyaknya kegiatan organisasi dan tugas perkuliahan yang menumpuk. belum lagi saat berada dalam masa pengerjaan tugas akhir skripsi. Bagaimana bisa mereka yang diberatkan dalam kondisi ini masih bisa bekerja?

Justru ini lah pentingnya kamu bekerja sambil kuliah. Baik kuliah reguler maupun non reguler, kalian sama-sama memiliki kesempatan untuk bekerja dan berkuliah. Dengan melakukan ini secara bersamaan kalian bisa melakukan manajemen waktu yang lebih baik.

Kamu bisa mengatur jadwal kapan harus bekerja, belajar, mengerjakan tugas, atau berkumpul dengan teman-teman sekedar untuk refreshing.

Memiliki networking atau jaringan kerja

Apakah mereka yang kuliah saja tidak bisa mendapatkan jaringan kerja yang baik? Tidak juga. Tapi circle pertemanan anak-anak kuliah biasanya akan lebih terbatas dan cenderung itu-itu saja. Dengan kata lain, sebatas teman antar kampus, organisasi, atau teman main.

Jika kamu bekerja, circle pertemananmu bukan hanya dari perkuliahan, namun juga dari rekan kerja. Di bangku kuliah kamu juga bisa menemukan rekan dari berbagai jenis pekerjaan sehingga bisa sharing atau bahkan bisa bekerjasama melakukan suatu hal.

Bayangkan betapa pentingnya networking ini. Ketika kamu membutuhkan mereka, atau sedang dalam masa krisis kerja nantinya mereka mungkin bisa membantumu.

Mengoptimalkan skill & pengalaman kerja

Mahasiswa jalur reguler setelah lulus biasanya akan menyesal. Mengapa saya dulu tidak berkuliah dengan lebih baik dan mendapatkan jaringan pekerjaan setelah lulus?

Setelah wisuda mantan mahasiswa akan tersadar pentingnya networking, pengalaman, dan skill bahkan ketika masih kuliah. Inilah alasan mengapa kamu harus  memiliki bekal pengalaman dengan melakukan kerja sambilan.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button