Selalu produktif meski sedang jalani puasa

Pada saat ini seluruh manusia yang memeluk agama Islam sedang melaksanakan ibadah puasa. Mereka akan melaksanakan ibadah puasa selama 30 hari penuh. Namun, meski sedang berpuasa tidak lantas membuat kegiatan sehari-hari mereka terhenti. Umat muslim tetap melakukan kegiatan seperti pada hari biasanya. Seperti halnya pada pekerjaan harus selalu produktif.

Mereka tetap berangkat bekerja sesuai dengan jam kerja kantor masing-masing. Rata-rata mulai bekerja dari pagi hingga sore hari. Tak dipungkiri terkadang membuat badan sedikit lesu karena melakukan kegiatan saat dalam keadaan perut kosong dan menahan dahaga.

Namun alangkah baiknya jika kita bisa tetap produktif meskipun sedang berpuasa. Berikut ini adalah cara yang dapat dicoba agar kamu tetap produktif meski sedang menjalani puasa :

1. Menjaga asupan nutrisi

Dengan tetap beraktivias seperti biasa di saat berpuasa, alangkah baiknya jika kamu memperhatikan asupan makanan yang kamu makan pada saat sahur dan juga berbuka. Perhatikan bahwa yang kamu makan adalah makanan yang kaya akan protein dan serat, tidak banyak mengandung lemak, dan lengkapi dengan buah-buahan. Jika perlu, minum vitamin untuk pelengkap nutrisi.

2. Rencanakan tugas

Untuk menyiapkan tenaga kamu dalam satu hari, sebaiknya kamu memiliki planning mengenai pekerjaan apa saja yang perlu kamu selesaikan di hari itu. Apa saja tugas harianmu dan apa yang paling menjadi prioritas. Agar kamu tidak membuang banyak tenaga dan waktu untuk hal tidak terlalu penting.

3. Hindari gosip dan rumpi

Karena sedang berpuasa, hindarilah kegiatan untuk menggunjing orang. Karena selain akan membuang waktu kamu, hal tersebut juga akan mengurangi pahala kamu saat berpuasa. Jika memang memiliki waktu senggang, hendaknya digunakan untuk hal lebih manfaat baik untuk pekerjaan ataupun untuk hal ibadah.

4. Hindari aktivitas fisik yang berat

Dengan melakukan aktivitas fisik yang berat akan cepat menguras tenaga kamu sehingga kamu akan cepat lapar dan merasa lelah. Aktivitas fisik yang berat sebaiknya dikurangi saat sedang berpuasa. Fokuslah pada aktivitas harianmu yang sudah kamu jadwalkan dan utamakan yang menjadi prioritas kamu.

5. Gunakan waktu istirahat

Jika pekerjaan kamu sudah terselesaikan dengan baik, sebaiknya kamu menggunakan waktu istirahat untuk tidur sejenak. Karena dengan tidur akan menyegarkan tubuhmu kembali, dan mengembalikan tenaga kamu saat sudah lelah bekerja seharian. Apalagi tidurnya orang yang berpuasa merupakan sebuah ibadah.

Begitu cara untuk selalu produktif meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button