Self reward dan tetap on budget, ini rahasianya!

Self reward selalu dikaitkan dengan gaya hidup boros dan berlebihan. Di satu sisi, melakukan self reward memang sangat diperlukan untuk memberikan apresiasi diri sendiri atas tenaga dan pikiranmu untuk bekerja keras. Jadi, bagaimana ya caranya melakukan self reward dan tetap on budget?

Agar dapat menerapkan self reward dan tetap on budget, hal yang perlu kamu pahami adalah dengan memahami bahwa melakukan self reward tidak harus dengan berfoya foya secara berlebihan. Memberikan apresiasi boleh, bersenang-senang boleh. Namun kamu tidak boleh menghabiskan uang untuk kebahagiaan yang sesaat.

Cara self reward agar tetap on budget

Alokasikan budget khusus untuk self reward

Budgeting untuk self reward. Foto: Pinterest

Ini lah pentingnya melakukan pengelompokan dana setelah mendapatkan penghasilan. Agar kamu bisa memasukkan pos pengeluaran self reward di dalam daftar anggaran bulananmu.

Pastikan untuk melakukan self reward sesuai dengan budget yang kamu sisihkan. Tujuannya agar dana lain-lain yang sudah dibagi berdasarkan kebutuhan tidak terganggu.

Manfaatkan promo

Untuk tetap on budget namun mendapatkan kepuasan untuk diri sendiri, jangan lupa untuk mencari dan mendapatkan promo menarik. Untuk saat ini banyak marketplace dan brand yang memberikan promo besar-besaranĀ  dalam setiap transaksi.

Manfaatkan promo flash sale yang diberikan. Promo gratis ongkir, dan bila perlu berburu voucer untuk menambah keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Cukup menguntungkan untuk tetap menjaga budget tetap aman bukan?

Melakukan cicilan untuk barang mahal yang dibutuhkan

Ada beberapa barang yang benar-benar diinginkan namun ternyata budget tidak mencukupi. Padahal, rasanya kamu berhak dan membutuhkan barang ini untuk mendapatkan kemudahan dan kepuasan dalam melakukan segala hal.

Untuk mendapatkannya kamu mungkin bisa memanfaatkan fasilitas kredit. Baik dari kartu kredit, cicilan pay later, hingga menggunakan beberapa aplikasi kredit seperti kredivo dan akulaku. Pastikan kamu menggunakannya hanya untuk keadaan terdesak. Memilih bunga terendah, dan memanfaakan promo.

Bukan untuk memenuhi gengsi

Ada banyak perbedaan antara self reward dengan gaya hidup. Bagaimana mengetahuinya? Pertama, tanyakan pada diri sendiri apakah kamu melakukan self reward untuk kebahagiaanmu, atau hanya untuk terlihat bahagia?

Jika kamu melakukannya untuk terlihat bahagia artinya kamu melakukan ini hanya untuk gengsi, pengakuan, dan gaya hidup yang ingin dicapai.

Tanpa kamu sadari sebenarnya melakukan self reward tidak harus dengan hal yang berbau materi. Hal-hal sederhana seperti cinta pada diri sendiri, memberikan waktu untuk istirahat, berbahagia, dan makan makanan sehat adalah bentuk self reward yang bahkan sering diabaikan.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button