Seller Shopee mulai pindah lapak? Simak alasannya!

Sebelumnya di tahun 2020 tepatnya pada kuartal ketiga, e-commerce Shopee sempat menduduki peringkat pertama sebagai e-commerce paling banyak digunakan di Indonesia. Namun baru-baru ini diketahui bahwa Tokopedia kembali menempati urutan pertama. Salah satu alasannya adalah banyaknya seller Shopee mulai pindah lapak ke toko ijo.

Nampaknya seller Shopee sebelumnya mengalami berbagai masalah pelik sejak berjualan di Shopee. Tidak ingin terus merugi, akhirnya penjual pun mulai lapak di toko sebelah dengan berbagai pertimbangan.

Alasan apa yang membuat seller Shopee mulai pindah lapak?

Pada masa pandemi tahun lalu Shopee dianggap sebagai e-commerce paling banyak digunakan di Indonesia. Hal ini juga dibuktikan dengan laporan iPrice yang berkolaborasi dengan App Annie. Dalam riset itu diketahui bahwa pengguna aktif bulanan Shopee selama pandemi paling tinggi dibandingkan e-commerce lainnya.

Tentu saja hal ini membuat banyak seller baru mulai berdatangan dan ikut meramaikan Shopee. Sayangnya, kini seller Shopee mulai berpindah haluan karena berbagai alasan yang dianggap merugikan seller dan UMKM.

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang membuat seller Shopee berpindah lapak ke e-commerce lainnya.

Biaya admin terus naik

Selama ini biaya admin Shopee sudah beberapa kali mengalami kenaikan. Padahal, pada awal launching Shopee sama sekali tidak menarik biaya admin bagi penjual-penjual di Shopee.

Per 6 Maret 2021 ini, biaya admin final Shopee yang harus dibayarkan oleh penjual star seller adalah 1,5% dari total harga produk per transaksi. Sedangkan untuk seller non star seller admin penjualan yang dibebankan adalah 0,5% per transaksi.

Setelah ini diketahui bahwa per 31 Maret 2021 akan kembali terjadi kenaikan biaya admin. Dimana untuk non star seller amin yang harus ditanggung sebesar 1,6%, dan admin gratis ongkir extra sebesar 4%.

Sedangkan untuk star seller admin yang dibebankan akan lebih tinggi, yakni sebesar 2,5% dan admin gratis ongkir extra sebesar 4,5%.

Masalah penarikan dana

Selain admin yang membebani, dilansir dari laman kompas.com sebelumnya ada banyak keluhan dari seller Shopee tentang masalah penarikan dana.

Dana penjualan yang harusnya bisa masuk ke rekening dalam waktu 1×24 jam malah tidak masuk ke rekening selama berhari-hari.

Pengunjung Shopee yang menurun

Seller shopee mulai pindah lapak
Pengunjung shopee. Foto: Pinterest

Akhir-akhir ini pengunjung aplikasi Shopee juga diketahui mengalami penurunan. Pembeli mengaku kini Shopee sudah tidak memiliki banyak voucher gratis ongkir sehingga pembeli malas melakukan transaksi. Hal ini diketahui dari kolom komentar akun resmi Shopee di Tiktok.

Akhirnya banyak pembeli yang beralih ke penggunaan e-commerce lokal seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain-lain.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button