Sering mendengar kata “CAPTCHA” saat di browser? Ternyata ada tujuannya

Siapa nih yang disini sering melihat kata captcha di handphone kalian saat kalian lagi enak-enaknya browsing/mengisi formulir/masuk akun? Suka kesel nggak sih? Lagi cepet-cepetan ngisi formulir, eh malah ada tulisan captcha dan disuruh ngelengkapi intruksinya.

Sebenarnya munculnya captcha di browser kalian ini ada maksud dan tujuannya tersendiri lho! Mau tau selengkapnya? Yuk cek artikel berikut ini!

Ini yang dimaksud Kata Captcha

Captcha ini adalah suatu sistem cybersecurity yang mampu membedakan antara mesin dan manusia. Pernah dikira robot dan harus menjawab pertanyaan, soal atau sebuah puzzle di suatu situs ini yang dinamakan dengan Captcha.

Tujuan dari adanya Captcha

Ternyata, munculnya captcha ini ada tujuannya dan bukan sekedar muncul-muncul saja dan membuat sebel kita. Lalu, apa sajakah itu?

Menjaga keakuratan polling

Hasil polling di internet ternyata bisa berubah ataupun dicurangi oleh robot. Dengan hadirnya captcha ini akan memastikan apakah yang melakukan voting itu benar-benar manusia ataukah robot. Captcha ini bisa mengurangi kemungkinan voting dua kali ataupun lebih.

Membatasi registrasi akun palsu

Pembuatan akun palsu bisa dilakukan dengan robot. Dengan adanya Captcha ini akan bisa membatasi atau bahkan menghentikan registrasi akun palsu. Pembatasan ini akan mencegah kemungkinan penipuan dan hal negative lainnya.

Menghindari ticket inflation

Ticket inflation merupakan sebuah kasus ketika orang membeli tiket suatu event dalam jumlah banyak dengan menggunakan bot. Kemudian, tiket itu bisa dijual lagi dengan harga yang lebih mahal. Melalui Captcha inilah yang bisa mengatasi hal-hal yang curang tersebut.

Menyaring komentar palsu

Bot bisa meninggalkan komentar spam di berbagai situs. Dengan captcha ini bisa mengatasi hal tersebut. Captcha akan membuat pengguna wajib melewati beberapa pertanyaan untuk meyakinkan system bahwa kamu benar-benar manusia dan bukan robot.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button