Siap Vaksin Covid akhir Januari 2021 mendatang? Apakah vaksin layak digunakan?

Vaksin

Siap vaksin covid akhir Januari 2021 mendatang, apakah vaksin sudah layak digunakan? Temukan jawabannya dari artikel di bawah ini.

Sejak datangnya vaksin corona pada 6 Desember lalu rumor mengenai pengadaan vaksin di Indonesia terus bermunculan. Rencananya, pemerintah akan siap vaksin covid pada akhir 2021 mendatang.

Siap vaksin covid, garda depan diutamakan

Melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Presiden Indonesia Joko Widodo menyampaikan kabar baik. Berdasarkan keterangannya, akan ada 1,2 juta dosis vaksin virus corona yang siap diberikan kepada masayarakat garda terdepan pada tahap pertama.

Setelah 1,2 juta dosis vaksin yang tiba pada awal Desember lalu, sekitar 1,8 juta dosis vaksin lainnya akan tiba pada Januari 2021.

Adapun beberapa pihak yang akan diprioritaskan sebagai penerima vaksin covid-19, pada tahap awal adalah pihak garda terdepan dan pejuang perekonomian. Diantaranya para tenaga kesehatan, pihak militer seperti Satpol PP, TNI, Polri, serta pedagang pasar, dan UMKM.

Vaksin telah melalui serangkaian pengujian

Vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat, diketahui merupakan vaksin Sinovac buatan Cina. Mengetahui bahwa vaksin yang diberikan secara gratis oleh pemerintah ternyata buatan Cina, banyak masyarakat yang meragukannya. Pasalnya Cina adalah negara pertama yang terdampak covid.

Tapi jangan khawatir, karena pemerintah telah melakukan serangkaian uji kelayakan. Menteri Terawan meyakinkan media pada konferensi pres yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bahwa pemerintah hanya akan memberikan vaksin yang aman bagi masyarakat.

Setelah vaksin Sinovac pertama tiba di bandara, BPOM telah melakukan serangkaian pemeriksaan. Diantaranya pemeriksaan dokumen dan suhu penyimpanan, pengambilan sampel vaksin covid dalam rangka pengujian mutu di laboratorium P3OMN.

Sampel tersebut sangat penting untuk penerbitan lot release atau pelulusan batch/lot. Adapun beberapa parameter untuk lot release adalah pelaksanaan uji potensi, uji kadar antigen, uji toksisitas abnormal, dan uji endotoksin.

Hasil pengujian nantinya digunakan BPOM bersama Komite Nasional Penilai Obat, ITAGI dan tim ahli dalam proses  pengambilan keputusan tentang persetujuan penggunaan vaksin. Tujuan pengujian vaksin yang panjang ini adalah untuk memastikan mutu vaksin agar sesuai dengan persyaratan, dan memastikan vaksin tidak memberikan resiko besar terhadap masyarakat nantinya.

Pemerintah berharap masyarakat siap vaksin Covid

Seperti yang diketahui bahwa pemerintah merogoh biaya tinggi untuk memberikan vaksin secara gratis bagi seluruh rakyat. Demi mencegah penyebaran virus lebih lanjut, dan menguatkan perekonomian negara ke depannya, pemerintah berharap masyarakat tidak menolak pemberian vaksin dan bekerjasama hingga pandemi ini usai. Dengan begitu, proses pelaksanaannya akan lebih mudah dan cepat dilakukan.

Vaksin corona. Foto: unsplash

Kita telah membahas tentang pencegah penularan covid yang sangat berpengaruh pada perekonomian dunia ini. Untuk informasi lebih lanjut, yuk pantau terus di Hops.id.

Baca juga : Vaksin corona tiba sejak 6 Desember, bagaimana kesiapan masyarakat?

Baca juga : Kasus COVID-19 meningkat, gudang Amazon di New Jersey Utara ditutup sementara

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button