Sosok dibalik suksesnya Indomie: produk mie instan yang rasanya membekas di hati

Produk indomie? Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan produk mie instan tersebut. Banyak orang yang menyukai mie instan indomie ini mulai dari masyarakat Indonesia hingga mancanegara. Lalu, siapa sih sosok dibalik suksesnya Indomie ? Yang memperkenalkan produk indomie di kalangan masyarakat ini?

Sosok yang sangat inspiratif, Sudono Salim yang telah menemukan produk mie instan indomie. Sudono Salim merupakan warga Indonesia keturunan Tionghoa yang lahir pada 19 Juli 1916. Tidak hanya sukses di dalam produk indomie saja, Sudono ini juga sukses dalam mengembangkan perusahaannya seperti Indofood, Indosiar, BCA dan masih banyak lagi.

Awal mula penemuan produk indomie

Dalam merintis bisnis produk indomie ini, tentunya banyak lika liku yang dialami oleh Sudono Salim. Sudono Salim merupakan warga asli Tioghoa yang telah merantau di Indonesia. Awal mula merantau di Indonesia, Sudono menetap di daerah Kudus. Percaya atau tidak, Sudono sempat menjadi gelandangan karena tidak punya pekerjaan bahkan rumah. Untungnya, Sudono ini mempunyai kakak dan saudara ipar yang merantau di Indonesia juga. Dengan melihat kondisi Sudono yang seperti itu, kakak dan saudara iparnya ini pun tidak tega dan mengajak Sudono untuk berkerja di salah satu pabrik krupuk dan juga tahu di wilayah Kudus.

Sebelum mensukseskan bisnis indomie ini, Sudono sempat merintis bisnis cengkeh dan tembakau. Seperti yang kalian ketahui bahwa kota Kudus itu terkenal akan industri rokoknya, sehingga Sudono mengambil langkah untuk menjual cengkeh dan tembakau. Bisnis cengkeh dan tembakau yang beliau rintis pun tidak sia-sia, ia sukses dan dijuluki sebagai “Bandar Cengkeh Asal Kudus”.

Setelah sukses sebagai bandar cengkeh, Sudono mulai fokus untuk membuat bisnis terigu yang dikenal sebagai Bogasari. Bisnis terigu tersebut juga sukses dan ia memutuskan untuk mengembangkan usahanya itu dengan membuat produk olahan terigu dan pangan yang bernama Indofood di tahun 1990. Produk indofood tersebut salah satunya adalah indomie, dimana produk indomie ini diperkenalkan mulai tahun 1972. Sudono membuat produk mie instan indomie dengan berbagai macam rasa, ada yang ori, ada yang rasa ayam, soto dan masih banyak lagi. Mie instan ini disajikan dalam bentuk indomie kuah ataupun indomie goreng. Dengan rasanya yang khas dan porsi yang pas, indomie banyak diminati oleh masyarakat Indonesia bahkan mancanegara. “Indomie seleraku” begitulah semboyan iklan indomie yang terdapat di channel televisi anda.

Demikianlah kisah sosok dibalik suksesnya Indomie. Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button