Daya tawar pemasok atau bargaining power pada bisnis

- Sabtu, 10 April 2021 | 09:00 WIB
download (6)
download (6)


Dalam dunia bisnis, tentunya tujuan yang ingin dicapai adalah mendapatkan keuntungan setinggi mungkin. Akan dilakukan berbagai upaya semaksimal mungkin agar memperoleh keuntungan sesuai dengan yang ditargetkan. Salah satu konsep yang dipakai adalah bargaining power pada bisnis ini.





Apa itu bargaining power?





Bargaining power adalah sebuah konsep ekonomi yang digunakan untuk mengukur kemampuan para pihak untuk bernegosiasi agar dapat saling mempengaruhi. Bargaining power atau daya tawar merupakan ukuran kapasitas dari satu pihak agar mempengaruhi pihak lain. Pihak-pihak dengan daya tawar yang tinggi akan menggunakan kesempatan tersebut untuk mencapai kesepakatan yang lebih diinginkan oleh pihak lain.





Faktor yang mempengaruhi terjadinya bargaining power adalah :





1. Adanya alternatif





Jika satu pihak tidak ingin berurusan dengan pihak lain, karena memiliki alternatif, maka mereka memiliki kesempatan bargaining power yang lebih besar lagi. Sehingga mereka menghadirkan resiko karena mereka dapat meninggalkan kesepakatan tanpa menyebabkan permasalahan bagi diri mereka sendiri.





2. Pengetahuan yang relevan





Sisi positifnya memiliki pengetahuan yang relevan mengenai bidang yang dijalankan akan juga memberikan daya tawar yang lebih besar kepada pihak lain. Hal ini dikarenakan mereka kurang rentan dalam membuat keputusan yang tidak menguntungkan karena kurangnya informasi atau pengetahuan mereka.





3. Kurangnya kepentingan atau kebutuhan





Jika dalam negosiasi salah satu pihak meninggalkan kesepakatan tanpa adanya konsekuensi apapun, baik karena kurangnya kebutuhan atau kepentingan untuk menghentikan kesepakatan, maka akan semakin besar pula daya tawar yang dimilikinya. Hal ini karena secara tidak langsung dapat mengancam pihak lain dengan kehilangan bisnisnya, sehingga mereka harus menawarkan tawar-menawar yang lebih baik lagi.





4. Mudah beralih ke alternatif lain





Suatu pihak yang mudah teralihkan kepada alternatif lain jika memiliki sedikit masalah, akan memiliki  kesempatan daya tawar yang lebih besar lagi.





Pengaruh bargaining power terhadap target pasar





1. Masalah pasokan





Jika jumlah pemasok baik dan bertanggungjawab kurang, maka dapat meningkatkan daya tawar mereka namun juga mengurangi produksi pada produkmu. Efek target pasar dapat meningkatkan harga jika permintaan meroket melewati penawaran.


Halaman:

Editor: Aang Riana Dewi - Bisnika.com

Tags

Terkini

7 Cara mengatasi tekanan kerja di start-up

Jumat, 24 Februari 2023 | 11:57 WIB

UMKM manfaatkan teknologi digital? Ini manfaatnya

Senin, 20 Februari 2023 | 11:11 WIB

Traffic bun: bisnis burger Fadhil Jaidi

Senin, 20 September 2021 | 11:00 WIB

Ingin Bisnismu Tetap Profit? Jangan Lupakan 4 Aspek Ini!

Minggu, 19 September 2021 | 17:00 WIB
X