Cara membangun bisnis waralaba

- Rabu, 1 September 2021 | 13:00 WIB


Bisnis menjadi hal sangat diminati. Bagaimana tidak? Bisnis bisa menghasilkan keuntungan yang cukup signifikan apabila ditekuni. Maka tak jarang, banyak orang berbondong – bondong untuk menuangkan kreativitasnya lewat berbisnis. Keuntungan lainnya yaitu waktu yang fleksibel, dan terhindar dari tekanan oleh pekerjaan. Bisnis waralaba atau kemitraan cukup banyak diminati. Waralaba atau yang lebih akrab di telinga masyarakat dengan nama “franchise” relatif lebih tidak berisiko. Hal ini dikarenakan usaha tersebut cukup mudah yang tidak perlu memikirkan biaya produksi. Banyak orang yang tertarik pada bisnis ini, akan tetapi masih banyak juga yang bingung harus mulai dari mana.





Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk sukses pada bisnis waralaba. Berikut beberapa cara yang dihadirkan untuk memulai bisnis ini.





Cara membangun bisnis waralaba





-
Waralaba. Foto: Pinterest




Menentukan produk yang dijual





Produk yang dijual merupakan faktor inti keberhasilan suatu usaha. Produk yang dijual bisa dipilih berdasarkan bidang yang kamu minati. Pastikan produk yang kamu jual sesuai dengan permintaan pasar dan memiliki keunikan tersendiri. Keunikan inilah yang akan menjadi ciri khas bisnis waralaba kamu.





Menyusun pitch deck dan laporan keuangan





Pitch deck merupakan presentasi yang digunakan untuk mencari investor dalam suatu bisnis. Pitch deck juga berguna bagi bisnis waralaba. Hal ini dikarenakan orang yang akan membeli bisnis waralabamu perlu mengetahui bagaimana prospek bisnis ini. Disisi lain, laporan keuangan sangat rinci sangat diperlukan dalam mengetahui biaya – biaya yang akan ditanggung. Dalam laporan keuangan juga berisi mengenai berapa keuntungan yang akan didapatkan apabila membeli bisnis waralaba ini.





Membuat SOP yang jelas





SOP merupakan singkatan dari Standar Operasional Prosedur. Standar operasional prosedur biasanya berisi mengenai kualitas produk dan pelayanan suatu bisnis. Standar operasional prosedur juga bermanfaat agar pihak yang membeli bisnis waralaba dapat mematuhi prosedur yang berlaku.

Halaman:

Editor: Lisdiana Safitri

Tags

Terkini

Traffic bun: bisnis burger Fadhil Jaidi

Senin, 20 September 2021 | 11:00 WIB

Ingin Bisnismu Tetap Profit? Jangan Lupakan 4 Aspek Ini!

Minggu, 19 September 2021 | 17:00 WIB

Peluang bisnis rumahan yang tak lekang oleh waktu

Kamis, 16 September 2021 | 16:00 WIB

Bisnis kaus kaki kekinian

Kamis, 16 September 2021 | 10:30 WIB

Bisnis tempe yang bisa dijadikan berbagai macam makanan

Senin, 13 September 2021 | 08:00 WIB

Bisnis konveksi dari kain perca

Jumat, 10 September 2021 | 20:00 WIB

Tips menghasilkan passive income

Jumat, 10 September 2021 | 08:00 WIB

Omset ratusan juta dari makanan ringan kiloan

Jumat, 10 September 2021 | 07:00 WIB

Bisnis coffee shop yang laris di kalangan remaja

Jumat, 3 September 2021 | 16:00 WIB

Cara membangun bisnis waralaba

Rabu, 1 September 2021 | 13:00 WIB

Kiat sukses memulai bisnis rumahan

Selasa, 31 Agustus 2021 | 06:00 WIB

Terpopuler

X