Strategi jitu menghemat perbelanjaan

Belanja menjadi aktivitas yang paling menyenangkan. Seseorang bisa memperoleh beberapa barang, makanan, minuman atau sebagainya yang bisa memuaskan hasrat ingin memiliki dan menikmatinya. Walaupun bukan kebutuhan yang benar-benar penting namun dalam belanja apapun serasa ingin dibeli.

Apalagi saat pasar lagi banyak diskonan, gak banyak orang yang bisa menahannya. Alhasil paling tidak satu produk telah ia beli karena korban diskon. Nah, bagaimana sih strategi jitu menghemat perbelanjaan. Strategi ini bisa kamu pakai untuk mengontrol diri kamu dan mengatur keuangan kamu agar tetap sehat.

Strategi jitu menghemat saat belanja

Begini strategi jitunya menghemat uang kamu saat belanja.

Ilustrasi diskon. Foto: Instagram

ada promo, diskon dan sebagainya yang menggiurkan. Saat ada barang atau makanan atau apa saja yang menggiurkan tiba-tiba ingin kamu beli. Cobalah menahannya dalam waktu 10 detik atau lebih.

Dalam waktu tersebut, berpikirlah dan tanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu benar-benar membutuhkannya saat ini ?. Jika kamu tidak terlalu yakin maka sebaiknya kamu segera pergi dari tempat tersebut tanpa menoleh ke belakang.

Untuk mengantisipasi pembelian suatu barang tertentu yang di luar dugaan, maka sebaiknya kamu belanja sendirian. Sebelum pergi belanja, tentukan apa saja yang hendak kamu beli. Tentukan mengapa kamu pergi ke luar untuk belanja. Apa yang lagi urgent sehingga kamu harus keluar dari rumah untuk belanja. Ini jika kamu belanja no online ya.

Jika kamu belanja di sebuah tempat, pasar atau mall dan sejenisnya bersama teman-teman. Lebih banyak orang yang bersamamu maka kamu akan punya dorongan untuk membeli sama dengan mereka. Karena itulah list belanja mu akan bertambah.

Langkah berikutnya adalah tentukan waktu belanja kamu untuk membatasi lama kamu belanja. Semakin lama waktu yang kamu gunakan untuk belanja maka semakin banyak pengeluaranmu. Ini berhubungan dengan saran sebelumnya untuk membuat daftar apa saja yang akan dibeli sebelum keluar rumah untuk belanja. Dengan demikian, kamu hanya akan mencari apa yang sedang kamu tuju tanpa melirik hal lainnya.

Saat belanja juga kamu perlu memperkirakan maksimal uang yang akan kamu gunakan. Lebih baik lagi, kamu sudah menyediakan beberapa lembar uang tanpa harus membawa kartu kredit atau debit.

Jadilah konsumen yang cerdas dengan tahu mana produk yang akan dibeli dan yang tidak perlu dibeli. Jika perlu justru kamu bisa sekalian mencari tempat termurah dari produk yang sedang kamu cari.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button