Suka baca buku? Manfaatkan peluang bisnis dari hobi dengan menjadi bookstagram

Bagi beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah bookstagram. Yaps, selama ini yang kita kenal hanya seputar selebgram atau selebriti instagram yang merupakan orang terkenal di media sosial.  Sedangkan bookstagram sendiri merupakan komunitas pecinta buku yang membagikan aktivitas membacanya melalui akun instagram dengan nama yang mencirikan seorang bookworms. Bagaimana cara membuat bisnis dari hobi?

Bila seorang bookstagram sukses membangun jaringan dengan pecinta buku lainnya, yang berarti memiliki banyak followers, berinteraksi dengan sesama bookworms, dan bekerja sama dengan penerbit buku, maka pundi-pundi uang berada di depan mata. Keuntungan yang akan didapatkan antara lain; mendapat buku gratis, menjadi host dalam acara bincang buku, bahkan bisa juga menjalani bisnis dari hobi baca buku dengan menjual aksesoris bookworms, seperti bookmark, gantungan kunci, pin, notebook, dan lainnya.

Memulai menjadi bookstagram

Bisnis dari hobi. Foto: Instagram

Jika kamu tertarik untuk mencoba menjadi seorang bookstagram, kamu perlu memiliki akun instagram tentunya. Akan lebih lagi jika kamu memberi nama akunnmu yang mencirikan seorang bookstagram, misalnya seperti nama akun bookstagram ini, @novelsnerd, @twinklingchapters, @sintiawithread, dan lain-lain. Hal ini karena seorang bookstagram, biasanya mencirikan akunnya dengan nama -nerd, -bibliophile, -chapters, -read, -books, -library, -booksclub dan nama kreatif lainnya.

Kemudian tingkatkan followers akunmu dengan melakukan follow dan followback secara berkala. Cara lainnya juga dengan meninggalkan komentar di postingan akun bookstagram lainnya untuk meninggalkan jejak agar akunmu lebih banyak dikenal. Selanjutnya, agar akun bookstagram-mu dilihat sebagai akun aktif, buatlah konten yang menarik dengan melakukan fotografi dari buku yang kamu baca saat ini, review buku, perpustakaan, toko buku, dan lainnya.

Jangan lupa untuk menyertakan hashtag yang sesuai atau jika perlu rajin-rajinlah tag dan mention bookstagram lainnya. Satu lagi cara yang paling ampuh untuk menarik perhatian banyak orang yaitu dengan melakukan giveaway buku. Jika cara ini dilakukan dengan konsisten, maka kamu bisa menciptakan bisnis dari hobi dengan lancar.

Ciptakan bisnismu!

Jangan mudah puas dengan pencapaianmu sebagai bookstagram! Ketahuilah itu hanya sebagai awalan dari bisnis yang sebenarnya, dimana kamu berinteraksi dengan pelanggan. Sebagai bookstagram, kamu bisa membuat bisnis melalui hobimu sebagai pembaca buku, seperti menjual pernak-pernik bookworms (gantungan kunci, bookmark, notebook review, dll.), bekerja sama dengan toko buku online untuk memasarkan bukunya, menjual buku bekas, perhiasan dengan menyertakan quotes yang dikutip dari buku tertentu, atau dengan membuka jasa translator buku.

Menjalani bisnis dari hobi, akan lebih menyenangkan, bukan? Tanpa terasa, hobi yang kamu tekuni membawa keuntungan dalam finasialmu. Selain menambah wawasan, membangun jaringan komunikasi dengan pecinta buku lainnya, kamu juga mendapatkan cuan dari hobimu.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Back to top button