Susah irit? Coba metode menabung ‘Kakeibo’ ala orang Jepang

Menabung merupakan salah satu cara praktik terbaik dalam mengelola keuangan dengan tujuan untuk menyiapkan dana masa depan. Pernah mendengar metode menabung Kakeibo?

Kegiatan menabung mungkin terdengar sederhana. Tapi pada kenyataannya, justru sulit diterapkan. Banyak metode menabung yang bisa dipraktikkan, sayangnya selalu saja terdapat hambatan seperti pengeluaran yang tidak terduga dan di luar rencana. Sehingga banyak orang yang enggan melakukannya. Padahal jika kita cermat mengontrol pengeluaran, mungkin menabung bukan hal yang sulit dilakukan.

Sebenarnya menabung bukan hanya perihal mengumpulkan lalu meyimpan uang di bank, kini menabung juga bisa dilakukan dengan menyisihkan uang dan menempatkannya sebagai investasi seperti emas, saham, maupun properti. Selain itu, kamu juga bisa mencoba metode baru dalam menabung yang telah diterapkan orang Jepang sejak 1904 yaitu Kakeibo.

Tujuan Kakeibo

Kita sepakat, banyak orang Jepang yang menerapkan pengelolaan keuangan dengan sangat ketat mulai dari pengeluaran hingga tabungan. Oleh sebab itu, kebanyakan orang Jepang mengelola keuangannya dengan metode Kakeibo yang dianggapnya sangat efektif.

Arti dari kakeibo sendiri yaitu buku rekening untuk rumah tangga. Diperkenalkan pertama kali tahun 1904 oleh jurnalis Jepang. Kakeibo bertujuan untuk mengontrol pengeluaran seminimal mungkin dan mencatat setiap pengeluaran tersebut dengan cermat, kemudian dievaluasi setiap minggunya.

Cara menerapkan Kakeibo

Metode menabung Kakeibo diterapkan dengan membagi jenis pengeluaran dalam empat kategori yakni survival (makan, transportasi, kesehatan, biaya sekolah dan kebutuhan pokok lainnya), kebutuhan opsional (makan di luar), hiburan (internet, buku, liburan, langganan majalah dan lain-lain), dan pengeluaran ekstra atau pengeluaran tidak terduga.

Setelah kategori pengeluaran ditetapkan, dicatat berapa uang atau pemasukan yang tersedia dan berapa jumlah yang akan ditabung. Semua ini harus dilakukan di awal bulan agar pencatatan dan mengoreksinya mudah dilakukan.

Di setiap minggunya, lakukanlah evaluasi catatan keuanganmu untuk mengetahui sejauh mana uang yang telah dikeluarkan. Usahakan juga untuk mengumpulkan struk, kwitansi atau nota pengeluaranmu agar lebih mudah melakukan evaluasi.

Gambaran ini juga bisa dipakai untuk memutuskan berapa jumlah uang yang akan ditabung dan dipakai untuk memenuhi kebutuhan lainnya di suatu hari. Mudah bukan melakukannya, namun kamu juga harus disiplin untuk melakukan metode ini.

Jadi konsep metode menabung kakeibo ini sebenarnya membantumu untuk tidak fokus pada tabungan, namun pada pengeluaran. Dengan begitu, setiap pengeluaran akan tertata dan seimbang. Sehingga uang untuk ditabung dapat dengan mudah dilakukan. Tertarik untuk mencoba?

Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow  Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button