Tahapan memulai bisnis yang harus kamu lalui, apa itu?

Berbisnis menjadi salah satu cara dalam meningkatkan penghasilan yang saat ini dilirik oleh banyak orang. Dalam menjalankan bisnis diperlukan keberanian dan perencanaan yang matang. Dalam menjalani bisnis ini ada beberapa tahapan memulai bisnis yang harus dilalui. Apa saja sih? Cari tahu yuk!

(Baca juga: 5 Start up game terlaris)

3 Tahapan memulai bisnis

Tahapan yang harus disiapkan dalam memulai bisnis antara lain:

Tahapan pertama

Tahapan memulai bisnis.
Ide bisnis. Foto: Pinterest

Tahap pertama bisnis mencakup upaya penggalian passion atau potensi yang ada di dalam dirinya. Dalam menjalani bisnis seorang founder membutuhkan keahlian yang harus dipahami agar bisa mengembangkan bisnis dengan baik.

Contohnya saja saat kamu berencana ingin memproduksi brand kosmetik baru, kamu harus memahami banyak hal yang berkaitan dengan bisnismu.

Karena kamu berusaha masuk dalam pasar, tentunya kamu harus bersaing dengan beragam vendor besar  yang sudah terlebih dahulu terkenal di pasaran.

Lalu harus bagaimana agar bisa bersaing? Kamu harus menggali informasi di pasar, melakukan riset dan menyediakan produk kosmetik yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat.

Misalnya dalam hasil risetmu ternyata masyarakat memiliki kebutuhan menggunakan produk kosmetik yang bisa membuat kulit wajah glowing dan cerah bercahaya. Kamu harus mampu memenuhi kebutuhan pasar ini dengan produk kosmetik yang sudah kamu produksi.

Tahapan kedua

Tahap kedua merupakan tahap untuk merealisasikan produk yang dibuat. Pada tahap ini kamu mulai memproduksi produk, testing produk, pengujian, serta melakukan revisi produk agar tercipta produk terbaik sesuai dengan keinginan.

Untuk merealisasikan produk kamu butuh bantuan pihak-pihak tertentu. Misalnya, kamu bekerja sama dengan pabrik tertentu bersama tim research nya agar tercipta produk kosmetik yang berkualitas dan mendapatkan ijin dari pemerintah.

Tahapan ketiga

Tahap ketiga dari bisnis start up adalah tahap memasarkan produk. Dalam melakukan pemasaran kamu membutuhkan strategi pemasaran secara terstruktur agar produk kamu dapat bersaing dan diterima di pasaran.

Mulai dari perkenalan produk kepada masyarakat, promosi produk agar menarik perhatian masyarakat, demo produk, iklan, hingga tahap penyaluran produk hingga ke tangan konsumen.

Agar dapat melakukan penjualan produk dengan maksimal kamu perlu memperluas network atau jaringan. Dengan ini produkmu bisa dengan cepat booming dan diterima masyarakat.

Apakah informasi diatas membantu anda? Jangan lupa terus ikuti artikel terbaru kami di laman bisnika.com untuk membantu kamu dalam menjalankan bisnis dengan baik dan optimal. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button