Tahukah kamu mengenai perbedaan sekolah kedinasan vs ikatan dinas?

Banyak jenis sekolah yang ada di Indonesia, dari sekolah negeri, sekolah swasta, hingga sekolah yang berbentuk yayasan. Salah satu sekolah negeri yaitu sekolah kedinasan. Namun banyak yang belum mengetahui perbedaannya dan masih bingung dalam membedakan sekolah kedinasan vs ikatan dinas.

Sebelum membahas hal tersebut, kamu perlu mengetahu jika payung perguruan tinggi di Indonesia terbagi menjadi tiga yaitu Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan juga Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Dan saat ini kita akan fokus pada pembahasan PTK.

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) disebut juga sebagai sekolah tinggi kedinasan. Karena sebagian besar nama perguruan tinggi kedinasan selalu diawali dengan sekolah tinggi.

Jadi apa itu sekolah kedinasan vs ikatan kedinasan?

Sekolah tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan terbagi menjadi dua Sekolah Kedinasan Ikatan Kedinasan dan Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas.  Jadi, sekolah kedinasan adalah nama untuk sekolahnya, identitas untuk sekolahnya jika milik sebuah lembaga. Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi atau sekolah tinggi yang dikelola atau berada di bawah naungan sebuah lembaga pemerintah/kementrian/badan yang mana seluruh atau sebagian biayanya akan ditanggung lembaga tersebut.

Sedangkan ikatan dinas adalah status dari sekolah kedinasan yang nantinya melekat pada alumni sekolah tersebut. Jadi, jika sekolah kedinasan tersebut berstatus ikatan dinas hal ini mengartikan jika sekolah tersebut berada di bawah naungan lembaga tertentu, yang biayanya seluruh atau sebagian dibiayai, dan setelah menyelesaikan pendidikannya alumni tersebut akan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lembaga yang menaungi sekolah tersebut.

Namun, jika sekolah kedinasan tersebut tidak berstatus ikatan dinas, maka setelah menyelesaikan pendidikannya, alumni tersebut hanya mendapatkan ijazah yang setara dengan perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Peraturan Kemenpan -RB

Berdasarkan peraturan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB), berikut ini sekolah tinggi kedinasan yang berstatus ikatan dinas :

  1. Sekolah Tinggi Intelejen Negara (STIN) berada di bawah naungan Badan Intelejen Negara.
  2. Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) berada di bawah naungan Kementrian Dalam Negeri.
  3. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) berada di bawah naungan Kementrian Keuangan RI.
  4. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) berada di bawah naungan Kementrian Hukum dan HAM.
  5. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik.
  6. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) naungan Kementrian Perhubungan.

Demikianlah perbedaan sekolah kedinasan vs ikatan dinas untuk kamu pahami. Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button