Taukah kamu tentang Decoy Effect? Trik marketing yang paling rekomen buat pebisnis!

Dalam berbisnis, hal yang paling sulit adalah tentang bagaimana cara agar produk yang kita punya itu laku di pasaran. Memang dalam memasarkan suatu produk faktanya memang gampang-gampang susah. Apalagi produk yang kamu jual itu banyak pesaingnya. Agar produkmu laku di pasaran, sebenarnya ada strategi khusus yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu. Lalu, apa itu strateginya? Ya, Decoy Effect namanya.

Pengertian Decoy Effect

Istilah ini memanglah terdengar asing di telinga masyarakat. Bagi para pebisnis yang ingin mendapatkan keuntungan yang lumayan, kamu harus terapkan decoy effect ini untuk mendongkrak penjualanmu.

Tips ini adalah salah satu trik psikologi harga. Lebih jelasnya, decoy effect merupakan strategi marketing yang digunakan para pebisnis untuk membuat goyah pelanggan dengan opsi harga produk yang dijualnya. Sang pelanggan yang terkena decoy effect ini akan cenderung mengganti pilihan di antara dua opsi saat diberikan opsi ketiga yang tidak seimbang. Nah, decoy effect ini merupakan salah satu permainan harga yang bertujuan untuk mengarahkan pembeli ke opsi produk yang harganya lebih mahal.

Ilustrasi trick

Apakah masih bingung tentang decoy effect? Jika masih bingung kamu bisa memahami contoh dibawah ini.

Kamu ingin membeli Thai Tea di suatu kedai. Nah, dalam hal ini kamu akan ditawari sang penjual untuk memilih size Thai Tea tersebut, apakah ukuran kecil, medium ataukah ukuran besar. Untuk Thai Tea ukuran kecil diberi harga 9.000, Thai Tea ukuran medium diberi harga 13.000 dan Thai Tea ukuran besar diberi harga 15.000.

 Jika kamu terkena trick psikologi harga, pasti kamu akan membeli Thai Tea ukuran besar dengan alasan selisih harga yang sedikit antara ukuran Thai Tea medium dengan besar. Kamu pasti berfikiran kalau membeli Thai Tea ukuran besar ini akan membuat hemat kantongmu, dibandingkan harus memilih Thai Tea ukuran kecil dan medium. Kenapa begitu? Karena kamu telah dikecoh oleh salah satu opsi, yaitu opsi Thai Tea medium yang harganya berbeda tipis dengan harga Thai Tea yang berukuran besar. Nah, hal ini bukannya membuat kita hemat malah justru membuat kita melarat. Seharusnya kamu membeli Thai Tea sesuai dengan kebutuhanmu. Percuma saja kalau kamu tidak merasakan haus yang berlebih, tetapi kamu membeli Thai Tea ukuran besar. Hal ini akan membuat minuman Thai Tea mu tidak habis dan terbuang. Mubadzir bukan? Untuk itu, belilah minuman/makanan sesuai dengan yang kamu butuhkan saja.

Lain halnya bagi seorang pebisnis, decoy effect ini sangat rekomen untuk diimplementasikan di bisnismu. Karena dengan trik psikologi harga ini omzet penjualanmu akan naik dari sebelum kamu menerapkannya di bisnismu.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button