Taukah kamu tentang Middle Income Trap? Kamu harus hindari itu!

Mengelola keuangan memang tidak semudah yang kamu bayangkan. Di era sekarang, orang lebih mengutamakan gaya hidupnya dikarenakan gengsi gedhe-gedhean. Banyak orang yang merelakan uangnya untuk dibelanjakan barang-barang mewah dan mahal dari pada ditabung atau diinvestasikan. Lalu, taukah kamu tentang middle income trap itu?

Kata middle income trap memang nampak asing di kalangan masyarakat. Arti istilah ini adalah jebakan pada kondisi keuangan yang terus stagnan di level menengah. Dalam artian, orang yang mengalami middle income trap ini adalah orang yang memiliki kondisi keuangan yang susah naik level dikarenakan tidak adanya kecerdasan finansial. Pengelolaan keuangannya tidak baik dan mereka hanya mementingkan gaya hidup mereka.

Ini Ciri orang middle income trap

Nah, orang-orang yang sedang dalam kondisi jebakan pendapatan menengah ini memanglah terlihat sukses dan mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam artian, masyarakat melihat orang-orang yang terkena jebakan penghasilan menengah ini mempunyai kehidupan yang enak, serba ada, berkecukupan bahkan berlebih. Tetapi, asal kalian tau guys, orang-orang tipe middle income trap ini ternyata tidak mempunyai tabungan/aset produktif untuk masa depannya. Lhoh kok bisa gitu? Iya bisa dong, karena orang tipe ini lebih memprioritaskan untuk membeli aset-aset konsumtif ketimbang aset-aset produktif. Misalnya, ia lebih suka membelanjakan uangnya untuk membeli gadget yang sedang tren misalnya iphone dibandingkan diinvestasikan. Kalian tau sendiri bahwa dari tahun ke tahun harga gadget menurun. Hal ini secara tidak langsung ia telah menyia-nyiakan uang yang ia punya.

Tidak hanya gadget saja, mereka juga membeli barang-barang yang nilainya cukup fantastis, misalnya mobil yang lagi hits, tanaman yang lagi hits ataupun barang-barang trendi lainnya. Tak hanya membeli barang-barang mahal saja, orang tipe ini juga sering membelanjakan uangnya untuk membeli makanan-makanan mahal di restoran demi konten dan jaga gengsi.

Hindari middle income trap sekarang

Sebisa mungkin, kamu harus menghindari kondisi Jebakan penghasilan menengah. Jika kamu mempunyai banyak penghasilan, alangkah baiknya jika kamu menabung/menginvestasikan pendapatanmu itu agar masa tuamu terjamin. Janganlah menghambur-hamburkan uang demi memenuhi tuntutan gaya hidup yang tiada habisnya. Kamu harus bisa mengelola keuanganmu dengan baik, dengan membagi-bagikan pendapatanmu. Misalnya, 25% untuk ditabung, 30% untuk konsumsi, 20% untuk bersosialisasi, 15% untuk pengembangan diri dan 10% untuk liburan. Dengan kamu mengaturnya seperti ini, keuanganmu akan lebih tertata dan masa depan kamu akan terjamin.

Untuk itu, hindarilah middle income trap ini agar uangmu bisa naik level. Bagaimana caranya? Ya dengan investasi dong. Dengan investasi ini, uang yang kamu punya tidak hanya segitu-segitu saja, melainkan jika kamu investasi uangmu akan berlipat ganda.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button