4G belum merata, frekuensi 5G akan segera diluncurkan?

- Kamis, 24 Desember 2020 | 11:09 WIB
yogas-design-J6Qn9sE4aKM-unsplash
yogas-design-J6Qn9sE4aKM-unsplash


Wacana peluncuran jaringan 5G di Indonesia yang telah ada sejak lama kini akan segera terwujud.  Secara resmi, tiga operator di Indonesia telah mendapatkan ijin untuk meluncurkan jaringan ini. Apakah jaringan ini akan sukses di Indonesia bahkan ketika jaringan 4G saja belum merata?





Tiga operator yang mendapatkan ijin peluncuran 5G





Tiga operator yang telah diberi ijin untuk segera meluncurkan frekuensi 5G di Indonesia adalah PT Smartfren Telecom Tbk (FREN), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), dan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri).  Masing-masing operator telah membayar harga penawaran sebesar Rp 144,86 mililar , dalam rangka pengembangan jaringan 5G terbaru di Indonesia. Secara keseluruhan, ketiga operator ini telah menyetor uang sebesar 434,6 miliar.





Setelah lolos dalam ijin peluncuran frekuensi 5G, saham ketiga operator ini diyakini akan naik dari waktu ke waktu. Meskipun tidak dapat dibuktikan dalam waktu cepat, namun banyak pihak meyakini hal ini akan terjadi.





Sebelumnya, tercatat oleh pihak Kominfo ada lima perusahaan operator besar di Indonesia yang mendaftar di lelang ini. Selain tiga perusahaan besar yang lolos ijin peluncuran 5G, dua diantaranya adalah PT Indosat Tbk (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL).





Hanya saja, dalam perkembangannya, PT Indosat Tbk (ISAT) tidak menyerahkan dokumen pemeriksaan, sehingga hanya empat operator saja yang menjadi pemohon seleksi. Sayangnya, XL Axiata terdepak dalam proses evaluasi admnistratif, sehingga hanya 3 operator yang melaju sampai tahapan lelang terakhir.





Proses pemeriksaan ini telah dihadiri oleh perwakilan dari Peserta Seleksi sebagai saksi. Agar terjadi proses seleksi yang adil. Selanjutnya, Tim Seleksi melakukan Verifikasi Dokumen Administrasi dalam jangka waktu dua hari, yakni pada tanggal 10 sampai dengan 11 Desember 2020.





Apakah jaringan 5G di Indonesia sesuai untuk diluncurkan saat ini?





Tanggapan yang berbeda diberikan oleh masyarakat, terkait rencana peluncuran jaringan ini pada 2021 mendatang. Pasalnya, jaringan 4G yang digunakan di Indonesia saat ini ternyata persebarannya kurang merata. Penggunaannya juga kurang stabil, karena sering terjadi eror, dan gangguan pada kondisi tertentu.


Halaman:

Editor: Dwinta Ira Lasafta - Bisnika.com

Tags

Terkini

4 Tips mudik aman dan nyaman ala Bridgestone

Selasa, 28 Maret 2023 | 15:30 WIB
X