Layanan e-banking mempermudah dalam penyaluran ZIS

- Kamis, 18 Maret 2021 | 21:00 WIB
Imbauan zakat, infaq dan shodaqoh. Foto: Instagram
Imbauan zakat, infaq dan shodaqoh. Foto: Instagram


Zakat, infaq sedekah adalah kegiatan yang sangat mulia dan terpuji. Di era pandemi seperti ini, melakukan kegiatan penyaluran ZIS tidak hanya secara langsung/tatap muka dengan orang yang dizakati saja. Kita bisa berzakat, infaq dan shadaqah melalui media digital salah satunya e-banking.





Pengertian e-banking





Di setiap bank, pastinya mepunyai fasilitas e-banking, baik itu perbankan konvensional maupun perbankan syariah. E-banking merupakan layanan yang disediakan bank dalam memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, dan melakukan transaksi perbankan. Layanan tersebut menggunakan ATM, internet banking, mobile banking ataupun media lainnya. Dengan e-banking, kita bisa lebih mudah dalam melakukan suatu transaksi tanpa harus datang ke kantor bank syariah. Kita juga dapat melakukan transfer uang, pembayaran tagihan, bahkan kita bisa melakukan zakat, infaq dan shadaqah secara online, baik itu melalui ATM maupun mobile banking.





Penyaluran ZIS dalam bank syariah





Dengan adanya inovasi perbankan syariah seperti menyediakan layanan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) melalui e-banking, tentunya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Masyarakat yang hendak menyumbangkan sebagian hartanya kepada masyarakat yang kurang mampu, apalagi ditengah pandemi seperti ini. Contohnya seperti Bank Muamalat.





Muamalat telah membuat inovasi, yaitu dengan menyediakan layanan digital yang dipergunakan untuk menghimpun dan menyalurkan ZIS. Layanan ini memanfaatkan virtual account dan aplikasi chatbot. Selain menyediakan menu pembayaran ZIS melalui ATM dan m-banking, Bank Muamalat juga bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk mengelola ZIS menggunakan aplikasi chatbot (@ZakiBaznas).





Dalam hal ini, Bank Muamalat sebagai penyedia virtual account untuk pembayaran ZIS dalam aplikasi tersebut. Dengan adanya kerjasama antara Bank Muamalat dengan BAZNAS, nantinya ZIS akan tersalurkan dengan baik dan akan meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian di Indonesia.

Halaman:

Editor: Aang Riana Dewi - Bisnika.com

Tags

Terkini

Cara kembangkan bisnis online lewat fitur Telegram

Rabu, 17 November 2021 | 18:42 WIB
X