Program tol laut dan NLE bisa bantu kuatkan transportasi laut

- Minggu, 21 Maret 2021 | 13:00 WIB


Biaya logistik merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan yang juga berperan dalam pertimbangan untuk menentukan harga jual dari suatu produk.  Dalam sebuah negara biaya logistik menjadi hal yang akan mempengaruhi proses ekspor dan impor. Untuk membantu menekan biaya ini Program tol laut dan NLE bisa menjadi alternatif.





Biaya logistik Indonesia masih mahal dibandingkan negara tetangga





-
Pengiriman barang jalur laut. Foto: Pinterest




Saat ini biaya logistik yang dikenakan di Indonesia adalah sekitar 24 persen dari PDB. Tarif ini termasuk masih dalam kategori mahal jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia yang hanya sebesar 8 persen dari PDB.





Untuk itu, Indonesia membutuhkan strategi untuk menurunkan biaya logistik ini agar bermanfaat untuk meningkatkan ekspor serta berperan menurunkan harga barang yang ditetapkan oleh perusahaan.





Founder dan CEO Zonasea, Ronald di acara Webinar Logistic Today & Smart Logistics menyatakan salah satu penyebab utama mahalnya biaya logistik Indonesia adalah cargo imbalance.





Hal ini disebabkan oleh tidak seimbangnya muatan antar dan balik, yang disebabkan oleh ketimpangan pertumbuhan ekonomi di pulau Jawa dan wilayah pulau bagian Timur Indonesia. Sehingga kapal akan kosong tanpa muatan balik dan menyebabkan biaya cargo menjadi lebih mahal.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Cara kembangkan bisnis online lewat fitur Telegram

Rabu, 17 November 2021 | 18:42 WIB
X