Teknologi membuat lebih kompetitif, 3 juta UMKM masuk ke ruang ekonomi digital

- Rabu, 31 Maret 2021 | 07:00 WIB


Ekonomi digital merupakan imbas dari tuntutan zaman yang juga dibarengi dengan perkembangan teknologi. Melalui teknologi dengan ruang ekonomi digital masyarakat berpeluang mengembangkan bisnis lebih besar dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas. Disisi lain, teknologi membuat lebih kompetitif.





Bagaimana tidak? Dalam ruang ekonomi digital akan ada lebih banyak pesaing dari daerah bahkan negara lain yang siap berperang denganmu. Karena itulah ekonomi digital juga dianggap sebagai era persaingan baru dimana yang tidak bisa bertahan, akan tumbang.





Karena itu setiap UMKM atau pebisnis yang memasuki ruang ekonomi digital akan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Bukan hanya aktif untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi perdagangan digital, pebisnis dituntut upgrade dalam hal strategi agar tidak kalah dengan customer.





3 juta UMKM sudah masuk dalam ekonomi digital





-
Ekonomi digital. Foto: Pinterest




Dalam sebuah webinar “Muda Peduli Inklusi” yang digelar oleh Kemkominfo di Pangkal Pinang, Staf Ahli Menteri Kominfo Henry Subiakto menyampaikan era ekonomi digital akan sangat membantu pebisnis untuk memenuhi permintaan pasar yang lebih luas.





Dengan keunggulan ini setiap UMKM sebaiknya dibekali dengan kemampuan TIK. Dimana semakin baik basis kemampuan TIK dan kemampuan dagang yang dimiliki, akan semakin bagus peluangnya sukses dalam pemasaran di ruang ekonomi digital.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Cara kembangkan bisnis online lewat fitur Telegram

Rabu, 17 November 2021 | 18:42 WIB
X