Tahukah kamu apa perbedaan bioteknologi konvensional dengan modern? Simak ulasannya!

- Jumat, 2 April 2021 | 13:00 WIB
images
images


Seiring dengan perkembangan zaman, dimulai dengan penemuan teknologi berupa bioreaktor atau penemuan rekayasa genetika, maka berkembanglah ilmu yang disebut sebagai bioteknologi. Bioteknologi sendiri merupakan bagian dari ilmu biologi yang mempelajari mengenai pemanfaatan makhluk hidup, baik makhluk mikroorganisme maupun makroorganisme, dan terbagi menjadi bioteknologi konvensional dan modern. Bioteknologi dimaksudkan agar nantinya pemanfaatan makhluk hidup ataupun produk dari makhluk hidup itu sendiri akan menghasilkan barang atau jasa yang dapat digunakan oleh manusia. Sebagai contoh bioteknologi modern adalah hasil dari rekayasa genetika. Produk yang dihasilkannya lebih baik, dengan kualitas yang unggul dan memiliki daya tahan yang bagus dibandingkan dengan aslinya.





-




Ciri-ciri dari bioteknologi yaitu menggunakan makhluk hidup, seperti jamur, bakteri, hewan, dan tumbuhan. Yang kedua, bioteknologi sendiri harus didasari dengan ilmu, seperti ilmu pangan, genetika, mikrobiologi, biokimia, dan sebagainya. Karena produk yang diasilkan diupayakan lebih baik dari sebelumnya, sehingga harus dilakukan dengan benar.





Apa saja jenis dari bioteknologi?





  • Bioteknologi konvensional




Jenis bioteknologi ini menggunakan teknik fermentasi dalam skala kecil dengan jasa mikroba secara langsung tanpa adanya proses rekayasa. Tujuan dari bioteknologi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia.  Bioteknologi konvensional mulanya hanya di terapkan pada sektor pertanian saja, namun berjalannya waktu penggunaan biteoteknologi konvensional digunakan untuk menghasilkan produk-produk yang dapat dinikmati oleh manusia seperti tempe, tape, kecap, brem, yoghurt, keju, dan juga oncom. Selain dalam hal pangan, bioteknologi konvensional ini dapat diterapkan pada pertanian (hidroponik) dan antibiotik (kedokteran dan farmasi).





  • Bioteknologi modern




Jenis bioteknologi ini menggunakan rekayasa genetika atau DNA. Penggunaan makhluk hidup atau mikroba hanya berperan sebagai agen atau penyalur. Sehingga pada bioteknologi modern ini lebih memerlukan alat dan perlengkapan yang lebih modern dan canggih dibandingkan dengan konvensional. Pemanfaatan bioteknologi modern dapat berupa pembuatan bayi tabung, pembuatan hormon insulin, pembuatan vaksin, dan tumbuhan transgenik.





Bioteknologi modern dapat dilakukan dengan cara seperti :

Halaman:

Editor: Aang Riana Dewi - Bisnika.com

Tags

Terkini

Cara kembangkan bisnis online lewat fitur Telegram

Rabu, 17 November 2021 | 18:42 WIB
X