Pekerjaan yang tidak bisa digantikan robot, apakah profesimu salah satunya?

- Selasa, 6 April 2021 | 18:00 WIB


Perkembangan teknologi seerti pisau bermata dua bagi kita semua. Di satu sisi perkembangan ini membawa berbagai kemudahan yang membuat kita bisa melakukan segala sesuatu dengan lebih cepat dan efisien. Tapi disisi lain kita bisa kehilangan pekerjaan melalui teknologi seperti yang terjadi di masa revolusi industri. Pertanyaannya, apakah ada pekerjaan yang tidak bisa digantikan robot?





Tentu saja ada. Robot hanya sebuah teknologi. Mereka bisa bergerak secara otomatis dengan teknologi buatan, namun tetap memiliki berbagai keterbatasan. Mereka tidak bisa memiliki perasaan, tidak bisa mendidik, dan robot tetaplah robot. Tidak bisa menggantikan manusia dalam setiap pekerjaan.





Beberapa pekerjaan yang ke depannya mungkin bisa digantikan robot adalah kasir, asisten administrasi, penjaga buku, dan masih banyak lagi.





Apa saja pekerjaan yang tidak bisa digantikan robot?





Laporan Forum Ekonomi Dunia (WEF) memprediksikan bahwa dalam kurun waktu 5 tahun ke depan kamu bisa kehilangan beberapa pekerjaan yang kini menghidupimu. Bukan karena persaingan dengan manusia, namun kamu disingkirkan oleh teknologi.





Beberapa pekerjaan sederhana seperti kasir, pendata gaji, asisten administrasi, hingga penjaga buku beresiko menggantikan 85 juta pekerjaan dalam 5 tahun ke depan. Tapi, kabar baik jika kamu memiliki beberapa pekerjaan di bawah ini yakni pekerjaan yang tidak bisa digantikan robot. Setidaknya, dalam waktu dekat ini.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Cara kembangkan bisnis online lewat fitur Telegram

Rabu, 17 November 2021 | 18:42 WIB
X