Robot untuk bisnis dapat membantu kehidupan perindustrian

- Kamis, 13 Mei 2021 | 12:00 WIB


Beberapa waktu terakhir, robot semakin banyak diperbincangkan. Ada sebuah tangan berbentuk Hulk yang berperan dalam industri perakitan elektronik. Penggunaan robot menjadi semakin sering di abad ini, terutama di kawasan US, Asia, dan Eropa. Bahkan beberapa buruh dengan skill rendah sampai menengah sudah ada yang bisa digantikan berkat peran robot di industri. Hanya mengenai masalah waktu saja, sampai semua pekerjaan akan banyak yang digantikan oleh robot. Ditambah lagi terdapat pandemi Covid-19 yang semakin menguatkan keinginan orang-orang menggunakan robot untuk bisnis dalam menggantikan peran manusia yang dapat terinfeksi virus.





-
Robot. Foto: Unsplash




Apa sebenarnya robot itu?





Definisi dari robot terus menjadi pusat argumentasi banyak ahli sampai sekarang. Sampai terdapat pertannyaan mengenai mesin pencuci pakaian yang ada di rumah masuk dalam kategori robot atau bukan. Kemudian ada juga masyarakat yang berpendapat bahwa mobil dengan kecanggihan teknologi dan penambahan AI masuk kategori robot. Intinya robot adalah mesin yang didesain memang untuk mempermudah pekerjaan manusia dan di masa depan semuanya hanya perlu proses pemantauan dari sedikit karyawan. Pada dasaarnya robot tersebut ada yang dikategori semi otomatis sampai ada yang sepenuhnya otomatis.





Perkembangan robotika semakin cepat pada abad sekarang





Permintaan terhadap perkembangan bermacam-macam sensor menjadi terus meningkat. Pabrik-pabrik pengolahan minyak bumi dan pabrik yang memproses bahan-bahan kimia memerlukan sistem sensor untuk mengendalikan kualitas bahan baku, pemrosesan, dan hasil akhirnya. Selain perkembangan sensor, perkembangan beberapa elektronik lain juga semakin canggih sekarang. Hal ini memungkinkan pembuatan robot menjadi semakin gencar, terutama setelah ditemukan kecerdasan buatan. Robot-robot tersebut diharapkan dapat memplejarai ketika ada hal baru yang terjadi di lapangan pekerjaan. Bukanya tidak mungkin juga bahwa di masa depan tidak ada lagi buruh yang bekerja di lapangan. Sebgaian besar karyawan yang ada adalah yang bekerja di bagian kantor.





Robot untuk bermacam-macam bisnis





Sebagian besar industri yang ada sekarang sedang melakukan penelitian untuk mengembangkan robot yang dapat membantu suatu pekerjaan. Sekarang kamu akan bisa menemukan adanya robot tangan yang bisa memasak layaknya chef. Robot tersebut dapat menimbang takaran bumbu, mengiris, dan melakukan gerakan lainnya yang berperan menggantikan chef. Walaupun memang robot tersebut belum bisa melebihi profesionalitas chef yang sesungguhnya. Tetapi para peneliti terus berusaha mengupgrade kemampuan robot tersebut.





Robot sekarang juga ada yang sudah bisa berperan menggantikan pramusaji dalam memberikan menu kepada konsumen. Jepang menjadi negara yang berusaha memberikan inovasi banyak dalam hal ini. Intinya mau tidak mau, semua masyarakat pada akhirnya dituntut untuk belajar teknologi agar bisa turut memanfaatkan teknologi yang berguna meringankan beban pekerjaan mereka.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Cara kembangkan bisnis online lewat fitur Telegram

Rabu, 17 November 2021 | 18:42 WIB
X