Hati-hati menggunakan aplikasi modifikasi, ada modus pencurian data

- Senin, 24 Mei 2021 | 15:00 WIB
46f42253f5c92e6b4040d01d817d23fe
46f42253f5c92e6b4040d01d817d23fe


Harus diakui sebagian besar dari kita sudah terbiasa menggunakan whatsapp sebagai sarana untuk berkomunikasi, berjualan, berbisnis, atau mungkin bahkan sekedar berbincang dengan sanak saudara.
Rencana whatsapp untuk menggabungkan dengan database Facebook yang kemungkinan akan membuat data kita dapat diakses atau dikumpulkan pada database mereka untuk dianalisis, ini membuat banyak pertentangan. Hal ini membuat orang-orang mulai mencari aplikasi pengganti Whatsapp.
Kebijakan ini sontak membuat aplikasi semacam Telegram menjadi di didownload besar-besaran dan terjadi migrasi kepadanya.
Pengguna yang terlanjur cinta kepada WhatsApp dan tidak ingin meninggalkan fitur-fitur WhatsApp ada yang mencoba menginstal aplikasi modifikasi WhatsApp. Tapi awas hati-hati menggunakan aplikasi modifikasi. Apa bahayanya? Yuk kita bahas di sini.





Apa itu aplikasi modifikasi?





Aplikasi ini penampilannya dan cara kerjanya mirip sekali dengan Whatsapp. Bedanya aplikasi ini dibuat oleh pengembang yang kadang tidak kita ketahui, dan bisa memiliki vested interest di belakangnya. Yang tidak kita ketahui juga apa interest-nya.





Aplikasi modifikasi ini bisa juga memiliki fitur-fitur yang pada WhatsApp asli, dibatasi. Sebagai contoh, ia mampu mengirim file yang ukurannya besar, atau boleh mengirimkan pesan ke lebih dari seorang meski pesan tersebut sudah berkali-kali dikirimkan ke orang lain, dlsb.





Hal yang perlu kita perhatikan





Karena aplikasi modifikasi itu tak kita ketahui latar belakang yang memantik pembuatnya untuk men-develop aplikasi, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan





  1. Jika data diri kita kita anggap penting, Jangan pernah gunakan aplikasi modifikasi
  2. Jika obrolan kita bersifat privat dan kita tidak ingin jatuh keluar, jangan juga gunakan aplikasi ini
  3. Jika kamu memang minat sekali menggunakan aplikasi modifikasi, pastikan tidak ada data-data yang penting dalam handphone maupun percakapanmu.




Kalau ada akun pengguna yang memakai WhatsApp modifikasi, pihak WhatsApp akan memblokir secara permanen jika akun tersebut tidak beralih ke aplikasi yang resmi.

Halaman:

Editor: Terra C. Triwahyuni - Bisnika.com

Tags

Terkini

Cara kembangkan bisnis online lewat fitur Telegram

Rabu, 17 November 2021 | 18:42 WIB

Terpopuler

X