5 Taktik terbaik menaklukkan algoritma instagram marketing untuk bisnis kecil

- Jumat, 17 September 2021 | 07:00 WIB


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 dan sebentar lagi usianya 11 tahun, Instagram telah digunakan oleh hampir setiap orang di dunia. Nampaknya kini setiap orang dan hewan peliharaan mereka ada di platform tersebut. Dengan banyaknya pengguna, Instagram menjadi peluang besar bagi pemilik bisnis untuk melakukan pemasaran melalui Instagram marketing. Bagaimanakah tips menaklukkan algoritma dari Instagram marketing? Apa kiatnya?





Sejauh ini telah banyak brand yang berhasil meningkatkan penjualannya melalui Instagram. Namun apakah platform ini sepadan dengan waktu yang mereka miliki dalam mengelolanya, dan apakah bisnis kecilmu juga memiliki kesempatan berada di sana? Tentu saja jawabannya ya, dan berikut alasannya:





  • Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna per bulannya yang aktif dan lebih dari 500 juta story setiap harinya.
  • Posisi Indonesia sendiri berada di urutan ke-4 dengan 93 juta pengguna Instagram.
  • Terdapat lebih dari 25 juta profil bisnis di Instagram
  • Dilansir dari Entrepreneur, terdapat 80% pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu bisnis, dan 72% pengguna mengaku mereka telah membeli produk yang mereka lihat di platform tersebut
  • 70% dari hashtag atau tagar Instagram adalah buatan pemilik usaha




Sangat jelas, bukan? Instagram bukan hanya platform yang digunakan untuk kepentingan – baikmu maupun binatang peliharaan, namun menjadi platform global yang memungkinkan brand bisnis berada di platform ini. Untuk membantumu sukses menaklukkan algoritma instagram sebagai pemilik bisnis kecil, berikut ini beberapa taktik dan saran yang bisa dicoba.





Buat teks emoji yang menarik





Taktik paling ampuh dalam instagram marketing ialah dengan membuat postingan beserta deskripsi semenarik mungkin. Salah satunya dengan memanfaatkan emoji. Ini menjadi cara paling efektif untuk melibatkan pengikutmu karena dapat digunakan menambahkan kepribadian pada pesan yang ingin disampaikan. Cobalah untuk menggunakannya di beberapa kesempatan atau mencampur warna dan gaya pesan setiap kali memposting sesuatu yang baru. Gunakan kreatifitas Anda untuk menarik perhatian followers.





Jadilah diri sendiri





Tidak peduli seberapa baik postingan pengguna lainnya, pastikan Anda memiliki sudut pandang atau perspektif unik yang mencerminkan diri Anda sendiri sehingga akan dihargai oleh followers. Barangkali memang benar, tidak ada yang bisa menolak godaan konten bagus di beranda. Tapi ingatlah jangan sekali-kali menjiplaknya, karena ini akan berpengaruh dengan daya tarik followers serta nama baik Anda.


Halaman:

Editor: Elsa Fitriana Wafi - Bisnika.com

Tags

Terkini

Cara kembangkan bisnis online lewat fitur Telegram

Rabu, 17 November 2021 | 18:42 WIB
X