Membayar dengan jasa exposure, sesuai nggak sih untuk pelaku bisnis?

- Kamis, 30 September 2021 | 10:00 WIB


Jasa exposure yang diberikan oleh influencer saat ini memiliki peran sangat besar dalam rangka meningkatkan kepopuleran bisnis di kalangan masyarakat. Promosi oleh influencer bertujuan agar usahanya lebih dikenal dan menarik minat bagi masyarakat untuk membeli produk dan jasa miliknya. Namun Bagaimanakah fenomena influencer membayar dengan jasa exposure?





Jasa exposure yang diberikan oleh influencer maupun artis membutuhkan bayaran yang setimpal. Masing-masing influencer dan artis memiliki rate harga tersendiri, disesuaikan dengan ketenaran dan impact yang ditimbulkan pasca endors dilakukan. Biasanya pelaku bisnis membutuhkan biaya antara ratusan ribu hingga puluhan juta. Bahkan bisa ratusan juta dan Milyaran untuk artis ternama berbayaran tinggi.





Fenomena influencer membayar dengan jasa exposure





-
Jasa exposure. Foto: Unsplash




Umumnya, influencer yang memenuhi kriteria tertentu akan ditawari kerjasama oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan bisnis miliknya. Belakangan ini bukan hanya brand-brand ternama saja yang menggunakan jasa exposure, namun meluas ke berbagai bisnis UKM yang ada di masyarakat.





Tidak kehilangan akal, di tengah persaingan antar influencer yang semakin ketat saat ini banyak pula influencer yang justru menawarkan diri kepada pemilik usaha untuk menggunakan jasa endors atau exposurenya. Bukan hanya dengan pembayaran menggunakan uang, tidak sedikit juga Influencer yang  menawarkan penggunaan jasa 'exposure' sebagai  timbal balik atas produk atau jasa yang dinikmati.





Sederhananya, mereka dengan sukarela menawarkan pelaku bisnis untuk membayar dengan jasa exposure. Di satu sisi, pelaku bisnis diuntungkan dengan mendapatkan exposure dan kepopuleran lewat influencer. Disisi lain, influencer juga diuntungkan karena bisa menikmati produk atau jasa tertentu dan hanya membayar dengan jasa exposure.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Cara kembangkan bisnis online lewat fitur Telegram

Rabu, 17 November 2021 | 18:42 WIB
X