Pelanggaran! UC Browser China diduga mengumpulkan data pengguna secara ilegal

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 11:00 WIB


Berita tak sedap menerpa search engine UC Browser China besutan Alibaba karena sebuah pelanggaran serius. Sebuah laporan menyatakan bahwa UC Browser China ini melakukan tindakan ilegal dengan mengambil data aktivitas penjelajah web dari pengguna aplikasi.





Parahnya, meski telah mengaktifkan fitur incognito yang terdapat di layanan browsernya, diduga UC Browser tetap menjalankan rencananya. Browser ini tetap mengambil data aktivitas penjelajah web dalam menggunakan aplikasi tersebut.





Padahal seharusnya fitur ini bisa memberikan keamanan dan kerahasiaan data penjelajahan pengguna. Tanpa melakukan perekaman data terhadap pengguna mode incognito oleh pengguna Android dan iOS.





Lalu untuk apa fitur ini dibuat? Bahkan search engine lainnya seperti Chrome dan FireFox pun memanfaatkan fitur ini dengan baik. Mereka memberikan kerahasiaan data sebagaimana yang diinginkan oleh pengguna.





Lebih dari merekam data situs yang dikunjungi





-
UC Browser. Foto: Pinterest




Parahnya, UCWeb tidak hanya melakukan perekaman pada data situs yang dikunjungi saat menjelajah internet. Melainkan yang lebih parah, platform ini mengirimkan data alamat IP yang bahkan dapat memberikan akses lokasi pengguna saat itu juga.

Halaman:

Editor: Dewi Ulfah Anggreini - Bisnika.com

Tags

Terkini

Cara kembangkan bisnis online lewat fitur Telegram

Rabu, 17 November 2021 | 18:42 WIB
X