Cara kembangkan bisnis online lewat fitur Telegram

- Rabu, 17 November 2021 | 18:42 WIB

 

Pandemi Covid-19 telah menciptakan tantangan baru di dunia usaha bisnis online, termasuk di Indonesia. Selama pandemi berlangsung, para pelaku bisnis didorong untuk bisa bersikap adaptif dan inovatif dalam menghadapi tantangan, mulai dari omzet yang menurun, kesulitan memperoleh bahan baku usaha dikarenakan penerapan pembatasan sosial, hingga anjloknya permintaan.


 

Selama beberapa bulan terakhir, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia telah menunjukkan perbaikan. Hal ini ditunjukkan dengan menurunnya angka kasus aktif dan positif baru yang membutuhkan perawatan medis. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, sejak gelombang pandemi Covid-19 kedua di bulan Juli 2021, secara keseluruhan kasus Covid-19 di Indonesia telah menurun sebesar 89-98%. Hal ini juga didukung oleh kegiatan vaksinasi yang terus berjalan dengan masif. Terlebih lagi, saat ini Pemerintah Indonesia telah melonggarkan berbagai aturan pembatasan sosial secara bertahap. Artinya, saat ini masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas normal dengan penerapan protokol kesehatan yang terus dijaga.


 

Dalam hal ini, situasi pandemi yang semakin membaik di Indonesia dapat menjadi sebuah momentum yang baik bagi para pelaku usaha untuk mulai kembali mendorong performa bisnisnya. Misalnya, dengan mengembangkan strategi digital marketing di media sosial, belajar mengelola keuangan bisnis menggunakan berbagai platform e-payment, atau mengeksplorasi peluang untuk mengembangkan bisnis lewat platform layanan pengirim pesan instan yang ada, salah satunya Telegram.


Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Cara kembangkan bisnis online lewat fitur Telegram

Rabu, 17 November 2021 | 18:42 WIB
X