Tertarik dengan asuransi jiwa unit link? Cermati dulu hal-hal berikut ini

Dalam perkembangannya, sejauh ini asuransi telah memiliki banyak jenis sekaligus manfaat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Salah satunya keberadaan asuransi jiwa unit link.

Meskipun hal ini merupakan salah satu kemajuan positif, yang mana setiap orang dapat memanfaatkan asuransi jenis ini dengan dua manfaat, yakni pelindungan dan investasi. Namun, beberapa orang kerapkali masih mengalami kesalahpahaman mengenai asuransi jenis ini.

Oleh karena itu, bagi kamu yang tertarik membeli asuransi jiwa unit link, pahami terlebih dahulu beberapa hal berikut ini?

Resiko asuransi jiwa unit link

asuransi unit link. Foto: Instagram

Perlu diketahui bahwa asuransi unit link merupakan asuransi yang dikaitkan investasi (PAYDI) sebagaimana halnya saving plan. Namun perbedaan mendasar di antara keduanya yakni dari sisi penanggung jawab resiko investasi tersebut.

Bagi saving plan, resiko sepenuhnya ditanggung oleh perusahaan asuransi. Sedangkan unit link penanggung jawab ditanggung oleh pemegang polis.

Hal ini dikarenakan nasabah yang menentukan profil resiko sendiri. Yang mana profil resiko tersebut akan dipilih sendiri beserta dengan besaran porsi keduanya yang awalnya terjadi kesepakatan bersama penyedia asuransi.

Alokasi dana unit link dengan dua manfaat

Sebagai produk asuransi yang memiliki dua manfaat, maka produk ini mengalokasikan dana dengan membagi pos premi asuransi dari nasabah. Yang mana sebagian dana digunakan sebagai perlindungan dan sebagian lainnya sebagai investasi. Jadi, nasabah juga perlu memperhatikan besarnya premi yang digunakan untuk membayar keperluan seperti komisi agen, biaya marketing dan biaya operasional.

Investasi jangka panjang = asuransi jiwa

Jika Anda tertarik dengan produk asuransi jiwa unit link hanya karena sisi investasi dan potensi imbal hasilnya, maka perlu diketahui bahwa pada dua tahun pertama menggunakan produk tersebut, pergerakan nilai unit investasi rendah. Karena produk asuransi unit link merupakan investasi jangka panjang sekaligus produk asuransi yang memiliki manfaat utama sebagai perlindungan.

Manfaat utama inilah yang tidak bisa Anda lupakan begitu saja dan patut diingat. Agar tidak terjadi kesalahpahaman. Dengan kata lain, yang pelru diperhatikan yaitu manfaat dasar asuransi jiwa itu sendiri.

Unsur investasi yang terdapat dalam produk asuransi unit link ini pun dipengaruhi oleh kondisi pasar modal dan ekonomi. Sehingga tidak selalu menjamin adanya imbal hasil investasi yang maksimal.

Selain itu, besaran yang diinvestasikan pun akan ditentukan oleh nasabah sendiri. dengan menyesuaikan profil resiko serta dana investasi yang dipilih. Bagaimana? Anda tertarik memakai produk asuransi jiwa unit link?           

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button