Tipe investor dalam berinvestasi, kamu yang mana?

Investasi bukan hanya sekedar menaruh dana dalam sebuah wadah dan membiarkannya berkembang sebanyak mungkin. Investasi sama halnya dengan menanam tumbuhan. Perlu perawatan dan penyesuaian yang pas sesuai dengan jenisnya. Salah satu hal yang perlu dipahami dalam berinvestasi adalah menyesuaikan jenis investasi dengan tipe investor dalam berinvestasi.

Sepenting itulah tipe investor dalam berinvestasi dalam menentukan keberhasilan investasi. Tipe investor akan sangat mempengaruhi instrumen investasi yang bisa dikelola. Mau tahu pembahasannya? Baca ulasan di bawah ini!

Memahami tipe investor dalam berinvestasi

Investor konservatif

Investor konservatif biasanya adalah investor pemula yang belum terlalu berani bermain investasi sehingga cenderung menghindari risiko. Artinya investor selalu berusaha untuk mendapatkan keuntungan namun dengan memilih instrumen investasi yang aman dengan tingkat risiko rendah.

Kelebihan investor tipe ini adalah tingkat risiko yang cukup rendah dan sangat bisa dikendalikan sehingga kemungkinan modal awal atau pokok investasinya berkurang sangat kecil.

Namun konsekuensinya adalah kamu tidak bisa mendapatkan imbal hasil yang besar dalam waktu singkat. Kamu harus menerima kalau imbal hasil yang akan kamu dapatkan cukup terbatas dan bergerak stabil.

Adapun instrumen investasi yang cocok untuk investor tipe konservatif adalah tabungan, deposito, dan reksadana pasar uang. Ingin mencobanya?

Investor agresif

Investor agresif. Foto: Pinterest

Jika kamu adalah orang yang sudah siap kehilangan banyak dana lewat investasi namun juga siap kaya mendadak karenanya, artinya kamu adalah investor dengan tipe agresif. Kamu siap dengan segala risiko yang ada kedepannya dengan modal investasi yang terbilang cukup besar.

Investor ini biasanya tidak lagi bermain-main dengan produk investasi yang aman dan stabil. Namun lebih ke produk gorengan yang bisa naik drastis dalam sekejap sehingga memberikan keuntungan yang cukup besar bagi investor.

Investor moderat

Investor moderat adalah tipe investor yang berharap mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi namun enggan mengalami kehilangan uang saat berinvestasi. Tingkat risiko yang mampu ditanggung lebih besar dibandingkan investor konservatif, namun tidak bisa terlalu tinggi.

Investor moderat muncul karena pemahaman investor tentang fluktuasi harga investasi yang selalu berubah dalam jangka pendek. Namun, investor tetap berusaha untuk mendapatkan keuntungan dengan maksimal tanpa mengalami kerugian.

Untuk investor tipe ini instrumen investasi yang disarankan adalah reksadana campuran. Dibandingkan reksadana saham, instrumen investasi ini terbilang memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan reksadana saham dengan potensi keuntungan yang tidak kalah jauh.

Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow  Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button