Tipe pembeli di online shop, kamu yang mana nih?

Setiap konsumen berperilaku sesuai dengan kebutuhan sekaligus rangsangan dari lingkungan. Dari perilaku inilah nantinya akan didapati beberapa tipe pembeli di online shop. Rangsangan dan kebutuhan akan menghadirkan berbagai tipe pembeli yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa tipe pembeli di online shop yang bisa ditampilkan oleh laman bisnika.com.

Pemburu promo

Hal penting saat melakukan promosi
Promosi. Foto: Pinterest

Tipe pembeli yang satu ini menjadi salah satu yang paling banyak ditemui. Sesuai namanya, kelompok pembeli ini akan gencar mencari diskon dan memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Biasanya mereka akan memanfaatkan momen penting seperti Harbolnas atau Hari Raya serta berburu voucher untuk menambah diskon yang akan mereka dapatkan.

Pembeli posesif

Biasanya pembeli seperti ini adalah mereka yang tidak sabaran hingga yang kurang mendapatkan edukasi tentang barang. Sering terjadi beberapa menit setelah pembeli dikirim resi oleh penjual konsumen langsung bertanya, “Kok barangnya belum sampai juga ya?”.

Padahal, estimasi pengiriman barang per daerah berbeda-beda tergantung ekspedisi yang dipakai dan jarak yang ditempuh. Jadi, pastikan kamu memiliki pengetahuan tentang ini ya.

Pembeli plin plan

Rasanya setiap online shop pasti pernah mengalami hal ini. Pembeli plin plan biasanya merasa tidak yakin dengan pilihannya. Akhirnya mereka akan merepotkan penjual dengan melakukan pergantian warna berkali-kali. Cukup bikin repot kan ya?

Pembeli kritis

Ciri-ciri pembeli kritis adalah mereka yang melakukan banyak perbandingan. Baik dalam hal jenis dan kualitas barang, review pembeli, hingga harga dan diskon yang didapatkan.

Di satu sisi, menjadi pembeli yang kritis adalah langkah terbaik untuk menghindari penyesalan setelah aktivitas jual beli. Disini dibutuhkan kesabaran dan keaktifan penjual dalam menjawab pertanyaan.

Yang menjadi masalah adalah, banyak dari tipe pembeli kritis yang membanding-bandingkan online shop A dengan online shop lain, di depan owner sendiri. Tindakan ini sangat tidak terpuji ya sahabat bisnika. Menjadi kritis boleh, tapi utarakan hal yang sepantasnya diutarakan, dan simpan hal yang tidak sopan untuk dikatakan.

Pembeli sadis menawar harga

Menawar harga di pasar sudah biasa. Tapi, bagaimana jika menawar harga di online shop? Beberapa online shop memang sering memberikan fitur penawaran harga kepada konsumennya. Tapi, fitur ini sering disalah gunakan dengan memberikan penawaran terendah dari yang diekspektasikan penjual.

Biasanya online shop seperti ini menjual barang preloved atau barang thirft. Meski memiliki hak untuk menawar, sebagai pembeli kita harus tetap sopan dan menawar dalam harga wajar, ya, sahabat bisnika.

Pembeli teladan

Jika ditanya siapa karakter pembeli yang paling disukai, pembeli teladan adalah favorit banyak online shop. Bagaimana sih karakter dan perilaku pembeli ini?

Biasanya pembeli teladan sudah mengetahui barang apa yang mau dibeli. Mengerti tentang produk, spesifikasi, hingga detail cara pembelian. Pembeli seperti ini akan sangat memudahkan admin bisnis karena saat menghubungi penjual kamu tinggal format order, menanyakan ongkos kirim dan menyelesaikan transaksi dengan cepat.

Demikianlah ulasan tentang tipe pembeli di online shop. Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button