Tips marketing murah, manfaatkan cara berikut ini!

Strategi marketing yang dikerahkan oleh masing-masing pelaku bisnis adalah strategi yang dianggap paling optimal bagi produk mereka. Dalam menjalankan marketing-nya tentu saja pelaku bisnis harus menyiapkan budget promosi dengan kisaran tertentu sesuai dengan kemampuan dan target yang ingin dicapainya. Nah, bagi kamu pebisnis pemula yang belum memiliki banyak budget marketing, ini tips marketing murah dari bisnika.com.

Akan kah hasilnya memuaskan jika budget promosi terbatas?

Sebenarnya budget promosi yang besar tidak menentukan hasil yang besar. Sebaliknya pula, budget promosi yang terbatas tidak lantas membuat strategi marketing-mu nampak buruk dan tidak berefek. Tentu saja budget marketing harus diiringi dengan strategi marketing yang pas dan terarah pada target marketing yang dituju.

Jika kamu bisa mengkombinasikan strategi marketing yang baik di platform promosi yang tepat, pasti hasil yang akan kamu dapatkan akan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Berikut adalah beberapa tips marketing murah yang dirangkum di laman bisnika.com.

Manfaatkan Facebook

Facebook. Foto: Unsplash

Meski platform media sosial baru terus bermunculan, hingga kini Facebook masih tidak kehilangan pamornya. Namun tentu saja dengan pengguna yang mayoritas berusia 20an hingga 50an. Jika target market-mu ada di rentang usia ini, menggunakan Facebook sebagai media promosi dengan budget minim bisa menjadi pilihan.

Keunggulan Facebook adalah hampir semua orang memilikinya. Persebaran penggunanya bukan hanya dari Sabang sampai Merauke, namun juga memungkinkan kamu menemukan konsumen dari luar negeri. Karena itulah menggunakan Facebook cukup efektif untuk meningkatkan penjualan.

Beberapa fitur di Facebook yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan adalah Facebook marketplace, Facebook group, promosi melalui beranda dan fitur live, atau memanfaatkan Facebook ads dengan rentang biaya iklan yang bisa kamu sesuaikan dengan budget marketing yang kamu miliki.

Menggunakan Instagram

digital marketing
Instagram. Foto: Pinterest

Instagram hingga kini berkembang sebagai platform media sosial yang efektif untuk kegiatan promosi oleh kalangan muda. Karena terbatas pada kalangan muda, tentu saja produk yang kamu promosikan disini harus bisa disesuaikan.

Keunggulan marketing melalui Instagram adalah karena platform ini terdiri dari kumpulan gambar dan video yang bisa kamu susun dengan rapi dan cantik sesuai dengan konten yang kamu inginkan. Tampilannya bisa disesuaikan sehingga cukup menarik untuk menggaet konsumen. Selain itu, platform ini juga mendukung fitur Instagram ads, story, dan user generated content.

Memanfaatkan endors gratis oleh selebgram

Endors gratis? Ya, tidak banyak memang selebgram yang mau melakukan endors secara Cuma-Cuma. Namun masih ada lho kalangan selebgram yang memiliki niat baik untuk membantu produk small bisnis dan mempromosikannya.

Kamu bisa memanfaatkan moment ini untuk mengenalkan produkmu kepada target market kamu secara lebih luas. Memang, tidak ada yang menjamin bahwa endors akan meningkatkan penjualan. Namun setidaknya metode ini cukup efektif untuk mengenalkan produk dan melakukan branding.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button