Tips mengelola keuangan dari main monopoli

Siapa yang pernah memainkan game monopoli ?. Permainan yang bisa diambil pelajaran atau hikmahnya untuk mengelola keuangan pribadi. Monopoli juga punya nama game masing-masing lho di setiap negara. Artinya permainan ini tidak hanya ada di Indonesia tetapi juga di negara lain. Untuk memenangkan permainan ini maka kamu harus pintar mengelola keuangannya agar mendapatkan untung.

Pelajaran dari permainan monopoli

Hal pertama yang bisa kamu pelajari adalah kamu harus rutin membayar pajak dan tagihan. Game ini mengajarkan sebagai warga negara harus taat berpajak dan membayar tagihan.

Pelajaran kedua, dari permaianan monopoli kamu akan tahu jika banyak hutang akan jatuh bangkrut. Dalam game ini seringkali ketika kondisi kas sedang menipis maka dengan terpaksa kamu harus meminjam ke bank.

Tetapi masalah lainnya adalah aset yang dimiliki hanya sedikit. Hutang yang dipinjam dari bank pun tidak bisa dilunasi dengan aset tersebut.

Kamu dapat belajar dari hal kedua ini. Jika kamu hendak meminjam uang sebaiknya kamu menyesuaikan dengan kemampuan untuk melunasinya. Jangan punya kebiasaan tutup lubang gali lubang.

Pelajaran ketiga adalah kamu harus pandai mengelola pemasukan dan pengeluaran. Dari bermain monopoli ini kamu akan secara tidak langsung belajar bagaimana mengelola keuangan.

Game ini mengajarkan cara mengatur pemasukan rutin ketika melewati start dan mengontrol pengeluaran saat transaksi jual beli rumah, bayar pajak dan tagihan, ataupun hutang dengan bank. Semuanya harus seimbang dan diperhitungkan dengan baik.

Keempat, pelajaran yang bisa kamu ambil dari permainan ini adalah investasi itu bersifat wajib. Di permainan monopoli lebih mengacu pada investasi properti berupa rumah atau situs bangunan.

Sebagai kamu muda yang milenial kamu harus tahu bagaimana investasi bisa membawa untung.

Dalam game ini semakin banyak kamu menyisihkan uang untuk investasi maka kamu akan bisa semakin kaya dan menang dalam permainan itu.

Pelajaran berikutnya yaitu kamu harus menyiapkan dana darurat. Kamu ingat bukan ?. Jika dalam permainan monopoli ada kartu kesempatan dan dana umum ?.

Jika kamu mendapat nasib sial maka kamu harus membayar pajak 2 kali lipat atau membayar sewa rumah milik orang lain.

Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan dana darurat. Jangan malah menghabiskan semua uang yang kamu miliki.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button