Tools Google gratis yang bisa dimanfaatkan oleh digital marketing

Memanfaatkan Google sebagai salah satu media digital marketing adalah hal yang menguntungkan. Pasalnya, dibandingkan media-media sosial yang biasa kita gunakan, jangkauan Google jauh lebih luas dan menawarkan imbal balik besar. Sayangnya beberapa tools Google berbayar membuat banyak small business merasa keberatan. Padahal sebenarnya mereka juga bisa memanfaatkan beberapa tools Google gratis.

Memang ada tools Google gratis? Sebagai informasi untuk kalian pejuang small business yang masih memiliki budget minim, beberapa tools Google gratis yang bisnika.com rangkum di bawah ini akan sangat membantu memaksimalkan kegiatan digital marketing yang kalian lakukan.

Apa saja tools Google gratis yang bisa dimanfaatkan?

Google Adwords

Google Adwords. Foto: Pinterest

Google AdWords atau lebih populer dengan nama Google Ads berfungsi untuk melakukan aktivitas periklanan produk di Google Search. Nantinya iklan yang kamu post akan ditampilkan oleh halaman Google Ads sesuai dengan kata kunci yang paling relevan. Sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan.

Pemanfaatkan tools ini akan sangat menguntungkan karena banyak viewers. Kedua, biaya iklan cukup murah karena penghitungan biaya hanya jika audiens membuka iklanmu saja.

Google Analytics

Google Analytics. Foto: Pinterest

Mengetahui seberapa mantulnya performa bisnis perlu kamu lakukan agar kegiatan pemasaran dapat dimaksimalkan. Melalui tools ini, kamu bisa melihat jumlah trafik, sumber trafik, hingga demografi pengunjung hanya dalam satu tools.

Google Search Console

Google Search Console. Foto: Pinterest

Bagi kamu yang memiliki laman web dan ingin memantau dan mengoptimalkan performanya, memanfaatkan Google Search Console akan sangat membantu. Melalui tools ini kamu bisa memonitoring kinerja website. Baik melakukan backlink, memantau trafik, hingga mengetahui performa web di perangkat mobile.

Dengan bantuan tools ini kamu bisa mengetahui apa saja yang paling audiens sukai dari laman webmu. Misalnya, kata kunci yang paling efektif di laman web, dan halaman website mana yang paling populer.

Google Trends

Google Trends. Foto: Pinterest

Tren adalah sesuatu yan sedang hype terjadi di masyarakat. Dengan mengetahui tren dan menyesuaikan dengan bisnis, ditambah inovasi, kamu bisa mendapatkan respon yang positif dari konsumen. Tapi, bagaimana agar kita bisa mendapatkan topik paling hangat dalam konten?

Nah, kamu bisa memanfaatkan Google Trends. Dengan tools ini kamu dapat melakukan riset kata kunci hingga topik konten yang sedang trend dan menarik perhatian audiens. Tentunya, kamu bisa mendapatkan banyak bahan yang sangat . bermanfaat untuk menjalankan strategi konten marketing.

Google Bisnisku

Google Bisnisku. Foto: Pinterest

Tools Google yang satu ini akan membantu konsumen mendapatkan lebih banyak informasi tentang bisnis yang kamu jalankan. Selain itu, konsumen akan sangat terbantu untuk menemukan bisnismu melalui Google.

Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button