Tren anak muda! 5 tips bisnis cafe kopi kekinian dengan modal kecil

Cafe kopi dapat menjangkau target pasar yang luas, khususnya anak muda. Bahkan, saat ini sudah banyak bisnis cafe kopi yang dijalankan oleh kaum milenial.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis cafe kopi, terutama disebabkan oleh minat masyarakat yang semakin tinggi. Selain itu, promosi juga dapat dilakukan dengan lebih mudah karena tempat yang baik akan cepat dikenal luas.

Baca juga: 4 Langkah merancang business plan jitu bagi pebisnis pemula

Bisakah bisnis cafe kopi yang sederhana dimulai dengan modal yang kecil? Apakah mampu bersaing dengan cafe kopi kekinian yang memiliki tempat mewah? Berikut ini tips bisnis cafe kopi kekinian dengan modal kecil yang bisa kamu terapkan.

Rencanakan bisnis dengan matang

Buat rancangan bisnis mulai dari modal, lokasi, target pasar, strategi pasar, hingga promosi. Kedai kopi dapat dimulai dengan tempat yang kecil, yang penting nyaman dan membuat pengunjung dapat bersantai sambil mengobrol.

Seiring berkembangnya kedai, kamu tidak hanya dapat memperluas lokasi, tetapi juga akan mendapat kesempatan membuka cabang kedai yang baru.

Menyiapkan business plan atau rencana bisnis secara tim. Foto: fauxels dari Pexels
Menyiapkan business plan atau rencana bisnis secara tim. Foto: fauxels dari Pexels

Buat keunggulan cafe agar mampu bersaing

Sebuah cafe dapat unggul dari yang lainnya karena menu yang unik, tempat dengan spot foto yang menarik atau karena harga yang lebih terjangkau.

Perhatikan keuntungan yang didapat

Selama menjalankan bisnis cafe kopi, perhatikan dan analisa keuntungan atau kerugian yang didapat. Kemudian, kelola laba yang didapat untuk membuat sesuatu yang baru sebagai bentuk pengembangan cafe.

Barista menyajikan kopi untuk pelanggan cafe kopi. Foto: Pexels
Barista menyajikan kopi untuk pelanggan cafe kopi. Foto: Pexels

Perluas jaringan bisnis

Bisnis dalam bentuk apa pun akan berjalan lebih cepat jika promosi dilakukan dari mulut ke mulut. Dari seorang teman, memberitahukan kepada teman yang lain untuk datang berkunjung di cafe merupakan suatu perluasan jaringan sehingga cafe dapat menjangkau pengunjung dari manapun.

Cara ini dapat membantu bisnis berkembang pesat dan juga mendapatkan reputasi yang baik dari para pengunjung.

Kembangkan menjadi cafe yang lebih inovatif

Suatu perkembangan tidak selalu terlihat menonjol. Mungkin kamu bisa membuat inovasi berupa menu baru, panggung akustik, hingga renovasi kecil di sudut cafe. Inovasi ini membuat cafe memiliki suasana baru sehingga lebih fresh dan semakin menarik untuk dikunjungi.

Karena proses produksi kopi cukup mudah dengan bantuan alat-alat, bisa dimulai dari kedai sederhana, dan minat konsumen yang stabil, bisnis cafe kopi cenderung lancar dan berkembang sangat pesat. Apalagi saat ini anak muda suka nongkrong di cafe kekinian. (CTH)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button