Usahamu sepi? Terapkan cara agar usaha ramai pembeli

Ada beberapa faktor yang membuat usaha sepi pembeli, seperti lokasi, konsep usaha, harga produk, hingga sistem pelayanannya. Jika kamu bisa mengamati atau menganalisis faktor-faktor tersebut dalam usahamu, kamu bisa memperbaikinya dan menjadikan usahamu lebih baik.
Berikut adalah cara agar usaha ramai pembeli setelah mengetahui faktor penyebab usaha sepi atau produk tidak laku.

Konsep menarik

Usaha laris. Foto: Instagram

Mungkin ketidakmenarikan produkmu yang memengaruhi sepinya pembeli. Biasanya konsumen mencari produk yang tidak biasa, lebih unggul dari biasanya dan harga yang terjangkau.

Buat keunikan tertentu

Suatu usaha ramai atau memiliki banyak pembeli dikarenakan ada hal yang unik pada produk yang dijual. Keunikan ini biasanya jarang ditemukan di lokasi usaha tersebut, sehingga membuat masyarakat penasaran dan mencoba sendiri.

Rajin promosi

Promosi bertujuan untuk memperkenalkan, menyebarluaskan informasi dan menjangkau target pasar. Hasil dari promosi adalah banyak orang mengenal, lalu menjadi tertarik, sehingga produk diminati banyak orang dan usaha menjadi ramai pembeli.

Lokasi strategis

Ramai tidaknya suatu usaha bisa disebabkan oleh lokasi dari usaha tersebut. Usaha yang dibangun pada lokasi yang jarang dilewati masyarakat atau sepi penduduk membuat lokasi usaha jarang didatangi, sehingga lokasi yang ramai penduduk atau terletak di tengah keramaian ruko merupakan lokasi yang strategis.
Sebenarnya lokasi sepi penduduk pun tidak menutup kemungkinan usaha akan seramai yang berada di tengah kota asalkan melakukan promosi semaksimal mungkin.

Gunakan promo

Kamu pasti pernah melihat sebuah toko yang ramai bukan? Salah satu penyebabnya adalah adanya promo atau diskon produk sehingga membuat banyak pembeli mumpung harga produk murah.
Cara ini bisa kamu terapkan agar usaha ramai pembeli. Tapi jangan terlalu memaksakan harga promo. Kamu bisa memberikan potongan harga yang sewajarnya.

Membangun komunikasi dengan pembeli

Pembeli akan menyukai penjual yang komunikatif dan ramah. Oleh sebab itu, pembeli dapat melakukan transaksi dengan baik. Ini menjadi salah satu cara agar usaha ramai pembeli karena keramahan yang diberikan kepada pembeli saat melakukan pelayanan.

Peningkatan pelayanan

Kamu bisa meningkatkan pelayanan toko atau usahamu untuk memudahkan pembeli dan membuat usahamu menjadi lebih menarik. Dengan peningkatan pelayanan ini, minat para pembeli turut meningkat dan usahamu menjadi lebih ramai.

Dari bermacam-macam cara agar usaha ramai pembeli di atas, pasti ada yang cocok untuk mengatasi penyebab kegagalan bisnis yang kamu jalankan. Ubah faktor tersebut secara perlahan dengan membutuhkan sedikit usaha.

Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button