Wabah covid-19 belum usai, Apa risiko yang dialami oleh perusahaan akan hal tersebut?

Dengan adanya wabah covidĀ­-19, semua sektor industri terkena dampaknya, baik dalam sektor pariwisata, sektor perbankan maupun pada perusahaan-perusahaan retail sekalipun. Apa resiko yang dihadapi perusahaan karena wabah covid-19 belum usai.

Risiko pada perusahaan sebagai dampak covid-19 belum usai

Ada beberapa risiko yang dialami oleh semua perusahaan setelah terjadinya wabah corona beserta solusi agar perusahaan tersebut tidak gulung tikar:

  1. Kemungkinan perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia bahkan di seluruh dunia akan menutup usahanya atau mengalami kebangkrutan. Hal ini disebabkan karena pihak perusahaan harus membayar gaji para karyawan tetap. Hal ini tentu memberatkan perusahaan yang ada kegiatan produksi dan pemasukan. Solusi agar perusahaan tersebut tidak mengalami kebangkrutan, yaitu dengan melakukan pengurangan karyawan/mengakhiri kontrak kerja karyawan agar dapat mengurangi kerugian dari perusahaan tersebut.
  2. Tidak bisa melakukan kegiatan ekspor impor barang. Dengan adanya pembatasan dan penutupan akses ke luar negeri, perusahaan-perusahaan tidak bisa melakukan kegiatan ekspor impor barang secara bebas. Hal ini berlaku untuk perusahaan besar maupun kecil. kegiatan ekspor impor barang ini, nantinya juga akan berpengaruh pada penurunan pendapatan pada perusahaan tersebut. Solusi agar perusahaan tetap mendapatkan pemasukan yaitu dengan memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran. Hal ini, perusahaan bisa memasarkan produknya dan mendapatkan pemasukan walaupun tidak sebanyak seperti biasanya.
  3. Selain risiko-risiko tersebut, perusahaan-perusahaan besar juga terkena risiko gagal bayar. Perusahaan tidak bisa melunasi utang-utangnya yang sudah jatuh tempo. Baik utang di bank maupun pada perusahaan lain akibat dari tidak adanya biaya untuk membayarnya. Solusinya yaitu dengan mengajukan penangguhan dan meminta perpanjangan waktu pembayaran kepada kreditur.
  4. Perusahaan tidak bisa mendapatkan supply chain dari luar negeri. Dalam hal ini, solusinya adalah pihak perusahaan harus memasok bahan baku dari dalam negeri. Sehingga, dengan memasok bahan baku di dalam negeri, maka akan menciptakan lapangan kerja. Hal ini juga menambah pendapatan para petani, peternak, maupun masyarakat sekitar.

Demikian penjelasan dari dampak yang akan terjadi pada dunia industri, karena wabah covid-19 belum usai. Untuk tips bisnis inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika. (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button