WMUU baru debut, 2 hari kemudian ARB. Ada masalah apa?

Saham WMUU baru debut di Bursa Efek Indonesia pada Selasa, 2 Februari 2021. Menyambut IPO ini investor ramai-ramai borong saham dan mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi.

Baru 2 hari melejit, investor dikejutkan denan fenomena ARB pada saham yang baru saja IPO. Sebenarnya ada apa? Temukan jawabannya disini!

WMUU baru debut disambut ARA selama 2 hari

Pada hari pertamanya melantai di bursa, saham WMUU disambut baik oleh investor sehingga nilai sahamnya menanjak cukup tinggi.

Hari pertama IPO, WMUU ditutup di level 242 dengan kenaikan saham sebesar 34,44 persen dan langsung mencapai Auto Reject Atas.

Di hari keduanya, saham ini masih diwarnai sentimen positif sehingga harganya kembali melonjak 24,79 persen ke level Rp 302.

Untuk volume perdagangannya di hari kedua sedikit merosot dibandingkan hari pertama. Hari pertama IPO WMUU mencatatkan volume perdagangan sebesar 10,14 juta lot. Sedangkan pada hari berikutnya volume perdagangan hanya 8,6 juta lot.

Hari ketiga dan keempat WMUU ARB

WMUU baru debut
Pergerakan saham. Foto: Pinterest

Digadang-gadang akan naik selama seminggu, nyatanya WMUU tumbang di hari ketiga. Pada penutupan bursa WMUU berada di level 282 dengan penurunan sebesar 6,38 persen.

Saham WMUU atau PT Widodo Makmur Unggas Tbk pada Jumat, 5 Februari 2021 kembali ARB pada level 264. Jumlah ini merosot 6,38 dibandingkan pada perdagangan saham sebelumnya yang juga ditutup ARB.

Banyak retail nyangkut di WMUU

Setelah dua hari mencetak rekor dengan kenaikan saham yang cukup tinggi untuk seukuran saham IPO, akhirnya di hari ketiga WMUU tumbang. Sempat naik kembali di awal perdagangan bursa pada level 300an, akhirnya WMUU berakhir ARB.

Sebelumnya di hari kedua debut saham WMUU sudah banyak retail masuk di harga pucuk karena tergiur dengan keuntungan besar yang didapatkan oleh rekan sesama investasi. Sudah masuk di harga pucuk, beli puluhan lot, sayangnya nasib baik tidak berpihak.

Bukannya mendapatkan keuntungan, dana yang mereka investasikan nyangkut karena selama 2 hari berturut-turut WMUU terus ARB.

Belajar dari WMUU, jangan masuk saat harga sudah dipucuk

Investor sejati harus tahu kapan waktunya masuk kapan waktunya keluar. Untuk saham IPO kenaikan harga drastis biasa terjadi. Euforia ini biasanya bertahan paling lama 1 minggu. Dan untuk WMUU euforia hanya bertahan selama 2 hari.

Dari sini kita dapat mengerti jangan masuk di saham yang sudah terlalu tinggi harganya, karena beresiko mengalami penurunan tajam. Jangan beli saham karena ikut-ikutan mendapatkan cuan. Karena bisa jadi investor lain sudah take profit bahkan sebelum kita mendapatkan untung.

Pastikan menomor satukan analisis fundamental dan teknikal dalam setiap keputusan jual beli saham. Dengan ini tidak ada lagi kata nyangkut di saham atau terjebak di saham gorengan.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Bisnika (TCT)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button