Wuling gempur mobil listrik di Indonesia

Wuling gempur mobil listrik di Indonesia. Dengan platform Global small electric vehicle (GSEV), Wuling Motors sudah matang, siap-siap masuk pasar mobil listrik nasional yang gemuk ini.

Komitmen ini mulai digaungkan produsen mobil terbesar asal Tiongkok di mata industri otomotif nasional. Sejalan dengan rencana pemerintah melakukan percepatan kendaraan elektrifikasi.

Ditegaskan Vice President of Wuling Motors Han Dehong, platform GSEV tampil perdana di GIIAS 2021 menjadi langkah nyata komitmen Wuling dalam mendukung program pemerintah Indonesia dalam hal percepatan elektrifikasi kendaraan.

“Ini bentuk keseriusan Wuling di industri otomotif, serta mengambil peran dengan turut serta menghadirkan kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia dalam waktu dekat,” ungkap Han Dehong.

Tak hanya sekedar menawarkan teknologi ramah lingkungan, Wuling juga memberikan ekosistem teknologi yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini di kehidupan masyarakat.

Diantaranya teknologi Wuling Indonesian Command (WIND), WIND (Wuling Indonesian Command) yang merupakan inovasi perintah suara canggih berbahasa Indonesia. Medium SUV Wuling ini juga diakomodasi dengan panoramic sunroof, start-stop button, electric seat adjuster, 360 camera.

Selain itu terdapat pula perangkat smart multimedia 10.4” touchscreen, keyless entry, sound system keluaran Infinity by Harman, hingga peranti keselamatan yang lengkap.

Selain itu terdapat pula teknologi WISE Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) merupakan teknologi yang dikembangkan untuk meningkat berbagai penunjang mulai dari kenyamanan bagi penumpang dengan interkoneksi perangkat gawai hingga sistem keamanan dimana teknologi terbaruny diklaim bisa memantau posisi mobil.

Mobil listrik Wuling
Mobil listrik Wuling Foto: Hops.id

Dengan teknologi WISE memungkinkan pengguna dan kendaraannya bisa saling terhubung via koneksi internet, sehingga pengguna dapat melakukan berbagai kendali dari aplikasi pada gawai pintar ataupun head unit. Selain itu, WISE juga mencakup Advanced Driver Assistance System atau ADAS yang membantu pengemudi saat berkendara dalam berbagai kondisi dan tentunya meningkatkan keamanan serta kenyamanan.

Salah satu bagian dari WISE adalah Internet Car. Inovasi ini dapat menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui gawai pintar dan head unit. Barisan fitur yang bisa diatur via gawai pintar terdiri dari Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security hingga Bluetooth Key.

Sedangkan koneksi internet yang terdapat pada head unit  ialah Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App. Adapun ketiga fungsi ini didukung dengan perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

WISE memadukan Internet Car dan Advanced Driver Assistance System yang semakin memudahkan dalam berkendara

Dalam laporan resmi yang diterima Hops, produsen mobil asal Tiongkok ini telah melakukan pengembangan kendaraan listrik cukup lama. Dimana Wuling telah mengembangkan teknologi ramah lingkungan sejak 2014.

Tak hanya sekedar pengembangan teknologi elektrifikasinya saja, Wuling juga telah membangun ekosistem yang mendukung untuk mobil yang telah dikembangkan dan dipasarkan di Tiongkok.

Bergerak dari titik tersebut, Wuling menciptakan platform mobil listriknya, GSEV beserta dengan ekosistemnya yang hingga kini telah dipasarkan kepada konsumen di Tiongkok.

Platform EV ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, memiliki ukuran yang kecil namun lapang, dengan dukungan beragam fitur dan aspek keselamatan, dan juga teknologi modern.

Mobil listrik Wuling
Mobil listrik Wuling Foto: Hops.id

Saat ini, Wuling memiliki beberapa produk berbasis GSEV yang telah terjual lebih dari 650.000 unit di Tiongkok, bahkan dinobatkan sebagai The Champion of China’s New Energy Sales selama 14 bulan berturut-turut. Respon yang sangat baik terhadap produk ini menunjukkan bahwa GSEV tidak hanya menjadi mobilitas yang modern, tetapi juga sarana untuk mengekspresikan diri.

Perkenalan platform GSEV tersebut ditandai dengan pembukaan kain selubung pada saat kunjungan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A, M.M.T, IPU, beserta Menteri Perindustrian, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si dalam kegiatan government visit di booth Wuling yang digelar setelah opening ceremony GIIAS 2021.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button